oleh

Nelayan Pangandaran Keluhkan Harga Udang Jambu Menurun

KABUPATEN PANGANDARAN – Nelayan mengeluh disebabkan harga Udang Jambu yang dibandrol Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pangandaran menurun dari harga biasanya.

Hal itu diutarakan salah satu nelayan di Pangandaran,Wahono Minggu pagi (1/5). Dia menjelaskan Bupati Pangandaran beberapa waktu lalu pernah menyampaikan di suatu acara kepada nelayan agar menjual hasil tangkapannya senantiasa ke tempat pelelangan.

Hal itu lanjut dia, pihaknya tidak keberatan asalkan harga yang dipatok oleh TPI stabil atau malah naik terus.”Kalau yang sekarang harga tidak sebanding dengan modal dan tenaga yang dikeluarkan,” klaimnya.

 

Caption foto: Para nelayan sedang menangkap ikan di Pantai Timur Pangandaran Minggu pagi (1/5). (Aziz Muharam)
foto: Para nelayan sedang menangkap ikan di Pantai Timur Pangandaran Minggu pagi (1/5). (Aziz Muharam)

Wahono mencontohkan Udang Jambu hanya dihargai Rp 18.000 per kilo oleh TPI, padahal biasanya seharga Rp 20.000 ke atas. “Coba dihitung per kilo-nya berapa,kan lumayan selisih banyak.Bagi kami hal itu sangat berharga,” ujarnya.

Pria yang berumur 23 tahun itu menambahkan, nelayan juga mengeluhkan keberadaan ikan yang semakin sedikit. Hal itu dikarenakan faktor alam, seperti angin dan arus laut yang tidak menentu.”Biasanya mulai tiap bulan Agustus hingga 6 bulan selanjutnya ikannya banyak. Jadi saat ini memang belum musim,” tutupnya. (Aziz Muharam)

Komentar

News Feed