oleh

NU Surabaya Rukyatul Hilal Di Nambangan,Idul Fitri Diperkirakan 6 Juli 2016

Surabaya –  Untuk menentukan akhir ramadhan dan awal Syawal, Tim Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya akan melakukan pemantauan Rukyatul Hilal pada hari Senin,4 Juni 2016 di Pantai Nambangan Surabaya.

Wakil Sekretaris PCNU Surabaya Moch Faisol  menjelaskan, dalam melakukan rukyatul hilal tersebut, pihaknya melibatkan seluruh ahli falak dari PCNU Surabaya dan dibantu MWC NU Bulak Surabaya. “Hasil dari rukyah ini kemudian disampaikan ke Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) di Jakarta untuk selanjutnya di laporkan ke pemerintah sebagai bahan sidang isbat. Untuk itu masyarakat diminta untuk menunggu hasil sidang isbat,”ujarnya, Minggu (3/7).

images (21)

Sementara itu, menurut data yang dimiliki Lembaga Falakiyah NU Jawa Timur, bahwa Matahari terbenam (Maghrib): 17:26:54 WIB dan umur bulan saat maghrib : -00 jam 37 menit 11 detik/belum ijtimak. Tinggi hilal haqiqi* : -1° 20′ 47”. “Data itu menurut semua sistem hisab, baik haqiqi, tadqiqi maupun taqribi,” lanjutnya .

Sedangkan tinggi hilal mar’i: di bawah ufuk. Azimut bulan: 288° 23′ 03″. Azimut matahari: 292° 50′ 53”,Elongasi: 4° 28′ 00″ dan Lama hilal: 00:00:00.“Insya Allah warga Nahdliyin akan melakukan puasa sebulan genap yaitu 30 hari,” jelas KH Sofiyullah,

Ketua Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Jatim saat dihubungi via WhatsApp.Namun Kiai Sofi mempertegas NU tetap akan menunggu hasil rukyatul hilal yang dilakukan oleh tim LFNU dibeberapa titik di Jatim. “Kita tetap menunggu keputusan atau khabar dari LFNU PBNU dan sidang isbat yang dilakukan oleh Pemerintah RI,” pungkasnya.(Ais)

 

Komentar

News Feed