oleh

Objek Wisata Cibulan,Tujuh Sumur Kramat Dan Ikan Dewa Liburan Panjang Didatangi Pengunjung Luar Kota

Kuningan Baraknews.com– Cibulan adalah objek wisata pemandian air dingin di wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Masih di dalam area pemandian terdapat tujuh sumur Kramat peninggalan Prabu siliwangi serta ada ikan dewa sebagai penunggunya juga Terapi ikan wisata pemancingan dan lainnya.

Dikutif dari sumber Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan. Tak jauh dari kolam tersebut terdapat 7 sumur berupa mata air, menurut kepercayaan masyarakat setempat merupakan petilasan pertapaan Prabu Siliwangi.

Tak jarang, wisatawan yang datang tidak hanya dari daerah Kuningan dan Cirebon, bahkan para pejabat dari Jakarta sering berziarah di mata air petilasan Prabu Siliwangi ini. Sesuai dengan kepercayaan masing-masing pengunjung. Mereka mengunjungi 7 mata air ini dengan niat dan tujuan mendapatkan kesembuhan dari penyakit, dengan meminum air dari 7 mata air. Setiap mata air memiliki khasiat sesuai dengan keyakinan pengunjung. Mata air tersebut telah ada sebelum dibangun kolam Cibulan.

Pantauan media ini hari libur yang panjang objek wisata cibulan ramai di kunjungi wisatawan lokal berasal dari kota Jakarta, Kota Bandung, Kota Cirebon dan Kota Majalengka juga dari kota lainnya.

Yayah rokayah beserta keluarganya salah satu pengunjung asal kota Tanggerang menuturkan sengaja datang ke objek wisata cibulan ini penasaran dengan namanya ikan dewa. “Kota tanggerang iklim cuacanya begitu panas dan saya sengaja datang ke kuningan mencari tempat yang sejuk salah satunya objek wisata cibulan ini” (23/04)

Salah satu pedagang mengatakan hari liburan ini pengujung banyak yang datang dari luar kota tidak seperti hari-hari biasanya ” Lumayan menambah penghasilan penjualan,”ungkapnya. (Apif fajar 82)

Komentar

News Feed