oleh

Panitia Keluhkan Anggaran Pilkades Serentak

KABUPATEN CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2016 pada tanggal 17 April,Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Ciamis menghabiskan anggaran sebesar Rp. 4 miliar. Dari jumlah anggaran Rp. 4 miliar tersebut,Rp.2,8 miliar akan diberikan secara proporsional kepada seluruh desa yang menggelar pilkades.

Setiap desa akan mendapatkan anggaran untuk menggelar pilkades sesuai dengan jumlah DPS (Daftar Pemilih Sementara) di desa yang bersangkutan. Sedangkan sisanya,Rp.1,2 miliar akan dialokasikan untuk beberapa badan, dinas dan kantor terkait pembiayaan kegiatan panitia pemilihan tingkat kabupaten.

kades

Menurut salah seorang ketua panitia Pilkades dari Desa Karangpaningal,Kecamatan Purwadadi, Failin mengatakan,untuk desa Karangpaningal mendapatkan kucuran dana sebesar Rp. 38 juta sesuai dengan Daftar Pemilih Sementara mencapai 4741 orang. Anggaran tersebut akan langsung di transfer ke rekening desa dan oleh panitia akan dialokasikan sesuai dengan Perbup”ucapnya.

“Anggaran sebesar Rp. 38 juta tersebut digunakan untuk honor panitia selama 4 bulan, serta ATK dan peralatan di KPPS.”Ya untuk honor ada yang 250ribu itu ketua panitia, 200ribu untuk wakil, 150ribu untuk sekretaris dan 100ribu untuk anggota,” katanya kepada BARAKNEWS.COM di ruangan panitia pilkades, Senin (11/4)

Dari honor panitia yang hanya mencapai 250ribu (untuk ketua panitia) tiap satu bulan, di kenakan pajak sesuai Perbup sebesar 5 persen dan untuk peralatan dan jasa sebesar 11 persen. “Tidak ada yang mau sebenarnya, cuma saya punya rasa tanggung jawab pada desa saya dan kepercayaan yang sudah diberikan, 250ribu sebulan ya mana cukup kalau kita mikir kebutuhan, belum di potong pajak, lebih baik dagang, 250ribu sehari bisa dapat.”ungkapnya. (Bayu Eriga)

Komentar

News Feed