oleh

Pedagang Pasar Penataran geruduk Pemkab Blitar

Barak News.Com.Blitar – Pasar merupakan aktivitas jual beli, dimana penjual menawarkan barang dagangan dan pembeli membeli barang dagangan, namun ternyata pasar juga merupakan salah satu ruang public yang berfungsi sebagai perekat social dan proses distribusi informasi antara satu orang dengan orang lain.

DSCN1150Pedagang Pasar Penataran  geruduk Kantor Pemda Blitar dalam orasinya mereka minta Pasar penataran merupakan salah satu pasar tradisional desa di wilayah kecamatan nglegok kabupaten blitar yang mempunyai keterkaitan sejarah dengan perkembangan zaman , social ekonomi masyarakat desa penataran. Warga di sekitar pasar desa penataran, memanfaatkan pasar desa untuk memenuhi kebutuhan –kebutuhan hidup sehari hari, sehingga bias dikatakan pasar penataran merupakan bagian penting minimal secara ekonomi bagi masyarakat penataran.MEA di Indonesia merupakan factor terbesar tonggak ekonomi rakyat Indonesia, tidak terkecuali para pedagang rakyat penataran.

Pedagang Pasar Penataran Blitar geruduk Kantor Pemkab Blitar
          Pedagang Pasar Penataran Blitar geruduk Kantor Pemkab Blitar (Selasa (15/03/2016)

Akan tetapi , saat ini sedang adanya gejolak wacana pembangunan dan pengembangan pasar desa menjadi pasar modern. Pedagang direlokasi tanpa ada dialog terlebih dahulu dengan para pedagang, ditambah lagi adanya pengusuran sepihak oleh pemerintah desa penataran, tidak adanya sosialisasi terkait pembangunan dan pengembangan pasar baru, harga beli kios mahal , adanya pengusuran yang mekanisme nya tidak jelas, tidak adanya relokasi untuk pedagang lama,dan arogansi dari oknum birokrat dan politisi yang membuat para pedagang semakin resah.”kata trianto saat berorasi.

DSCN1149-1

Selain itu , pembangunan pasar tradisional dilokasi bekas PTPN X11kebun penataran tersebut juga syarat dengan KKN. Lahan yang statusnya tidak jelas tersebut di bangun fasilitas umum dengan pihak ketiga yang bernilai 14 Milyar dari dana APBD dan APBN.”imbuh trianto selaku coordinator aksi’.

DSCN1153
Para pedagang menntut supaya pemerintah membagikan kios secara gratis, mengusut tuntas dugaan korupsi Milyaran rupiah dari tahun 2012, dan tegakkan supremasi hokum di bumi proklamator.(Ayu)

Komentar

News Feed