oleh

Pelabuhan Merak Banten Mulai Ramai Pemudik Ke Sumatra

MERAK BANTEN – ARUS mudik Lebaran 2016 atau Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah mulai ramai melintasi Pelabuhan Penyeberangan Merak.
Pantauan baraknews.com Senin (27/6/2016),sejumlah pemudik pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan pribadi sudah mulai memadati kawasan pelabuhan.Selain itu, terlihat juga ratusan truk ekspedisi yang mengantre di kawasan pelabuhan. Kepadatan truk ekspedisi tersebut disinyalir untuk menghindari jam pelarangan operasi yang diberlakukan mulai H-5 Lebaran.

Harono (40),sopir truk yang biasa mengangkut buah-buahan menuju Pulau Sumatera tersebut, memilih berangkat lebih awal untuk menghindari larangan pengoperasian kendaraan berat maupun pengangkut yang melintas penyeberangan Merak-Bakauheni. “Habis muat muatan semangka dari Lampung ke Jakarta, ini kami kembali lagi ke Lampung dan sudah enggak angkut muatan lagi. Khawatirnya nanti saat kami mau nyebrang lagi, udah distop,” katanya.

Selain truk ekspedisi, terlihat juga ratusan kendaraan pribadi yang sebagian merupakan gelombang pertama pemudik di Lebaran 2016 ini. Mereka kebanyakan sengaja untuk menyeberang lebih awal untuk menghindari penumpukan kendaraan yang biasa terjadi saat puncak arus mudik.
“Saya sengaja pulang lebih awal untuk menghindari macet. Kalau dari pengalaman tahun kemarin, kalau kami nunggu sampe H-7 itu sudah luar biasa macetnya. Kalau lebih awal kami di kampung juga bisa lebih lama kan,” ucap salah seorang pemudik asal Lampung, Muamar, saat dijumpai di Kawasan Pelabuhan Merak.

Arus mudik mulai memadati Pelabuhan Merak banten
Arus mudik mulai memadati Pelabuhan Merak banten

Ia mengatakan, meski sistem pembelian tiket sudah diberlakukan pada beberapa rest area di jalur tol, pihaknya tetap berpendapat jika arus mudik tidaklah bisa sepenuhnya diprediksi. “Sama saja lah mas, walau sistemnya katanya lebih canggih, kalau sudah ribuan yang mudik, tetap saja kena macet. Tahun lalu juga kami terjebak macet, makanya pulang lebih awal untuk antisipasi saja,” tuturnya

Humas Manajer PT ASDP Cabang Merak, Mario S Oetomo membenarkan, sudah terjadi peningkatan dan kepadatan penumpang pada pekan ini. Ia menuturkan, sebagian pemudik, baik pejalan kaki, roda dua, maupun roda empat sudah mulai terlihat di kawasan pelabuhan.
“Memang sudah terlihat penumpang-penumpang yang sudah mulai pulang lebih awal. Seperti kendaraan pribadi dan roda dua, banyak dari mereka mengantarkan anak mereka yang sudah libur sekolah,” katanya.
“arus pemudik yang memilih pulang lebih awal diprediksi akan terus meningkat saat mendekati hari puncak Lebaran mendatang. Puncak arus pemudik, ujar Mario, diperkirakan akan terpisah dan terbagi menjadi tiga hari sebelum hari puncak Lebaran. “Puncak Lebaran di Merak, kami perkirakan akan terbagi menjadi tiga hari. Mulai Jumat, Sabtu, dan Ahad, H- 3 sebelum Lebaran,” ucapnya.(Jep)

Komentar

News Feed