oleh

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rkpd Kabupaten Nias Utara Tahun 2024 Di Kecamatan Namohalu Esiwa

Baraknews Kabupaten Nias, Sumut –Musrenbang Kecamatan Namohalu Esiwa dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara yang diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Bapak YULIUS ZAI, ST., M.Eng yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Namohalu Esiwa. Selasa 24 Januari 2023

Camat Namohalu Esiwa Rubeno Gea, S.Pd,SD. Dalam laporannya menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang telah memberikan perhatian serta tidak menutup mata dalam memajukan pembangunan di wilayah Kabupaten Nias Utara khususnya pembangunan di Kecamatan Namohalu Esiwa. Camat Namohalu menambahkan bahwa masih ada jalan strategis di Namohalu Esiwa yang memerlukan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Daerah Pemilihan I (DAPIL I) yang diwakili oleh Bapak Dalifati Ziliwu, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan tahapan pembangunan yang wajib dilaksanakan sebagaimana telah diatur oleh peraturan perundang-undangan, supaya setiap daerah mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai tingkat kabupaten melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan. Bapak Dalifati Ziliwu, S.Pd, M.Pd juga menyampaikan bahwa Anggota DPRD DAPIL I telah berusaha agar Kecamatan Namohalu Esiwa dapat memperoleh alokasi anggaran yang besar dibidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Menanggapi laporan Camat Namohalu Esiwa, Beliau mendukung usul pembangunan infrastruktur jalan yang berprioritas terhadap jalan-jalan strategis yang ada Kecamatan Namohalu Esiwa.

Arahan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Bapak Yulius Zai, MM menyampaikan bahwa tema pembangunan tahun 2024 yaitu “Percepatan Peningkatan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Penguatan Ekonomi Masyarakat yang Inovatif”. Dalam penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Nias Utara Tahun 2024 ini Pemerintah Daerah berpedoman pada Permendagri No. 86 Tahun 2017 dimana didalam penyusunannya terdapat beberapa pendekatan aspirasi dari berbagai pihak salah satunya yang implementasinya melalui pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan ini dan menjadi acuan dalam penyusunan APBD Tahun 2024.

Bupati menyampaikan isu strategis pembahasan RKPD 2024 diantaranya Peningkatan kualitas daya saing sdm, Pemerataan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, Optimalisasi pembangunan infrastruktur, Optimalisasi reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Pada akhir arahan, Bupati Nias Utara berharap kepada seluruh kepala Perangkat Daerah dan Camat yaitu: Pertama, untuk tidak mengabaikan seluruh proses perencanaan pembangunan daerah baik yang bersifat pertemuan terlebih dalam penyusunan dokumen perencanaan yang berkualitas dan disampaikan tepat waktu. Kedua, Semua ASN dimasing-masing OPD hendaknya terus diberdayakan untuk memenuhi tugas dan fungsinya dalam proses perencanaan. Ketiga, Dalam rangka akuntabilitas proses perencanaan maka data usulan Musrenbang kecamatan, rancangan OPD dan rancangan RKPD diproses dengan menggunakan e-Planning SIPD yang terintegrasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang dikelola oleh Bappeda. Keempat, mengingat tuntutan yang terus meningkat namun besaran dana transfer ke daerah terus menurun setiap tahunnya maka setiap OPD harus lebih teliti dan berhati-hati dalam menentukan dan mengajukan program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Namohalu Esiwa dihadiri oleh Anggoata DPRD Daerah Pemilihan I, Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Keuangan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Forkopimcam, Kepala Puskesmas Namohalu Esiwa, Kepala Desa, BPD, Bapak/Ibu Kepala Sekolah TK, PAUD SD, SMP Se-Kecamatan Namohalu Esiwa, Koordinator PPL Pertanian, Pendamping PKH, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan undangan lainnya.(af lase)