oleh

Pembangunan Gang Di Desa Setianegara Kuningan Diduga Menuai Polemik

KABUPATEN KUNINGAN, (BARAK) – Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat,dan kemasyarakatan.

Temuan media ini di Desa Setianegara Kec. Cilimus Kab.Kuningan menurut narasumber yang dapat di pertanggung jawabkan berinisial (E) mengatakan untuk pembangunan Gang diblok Ragasakti Rt 015 Rw 005 dusun Kliwon dengan panjang kurang lebih 1 Kilo Meter sebanyak 3 RT menggunakan dana talang masyarakat, sebelum pelaksanaan pengerjaan dimulai telah melakukan kordinasi dulu dengan pihak pemerintahan desa melalui Kaur Ekbang dan Kaur Pemerintahan desa setianegara.

Adapun dana talang yang digunakan per KK dikenakan Rp 60 ribu rupiah dengan jumlah KK sebanyak 65 KK yang sebelumnya sudah di musyawarahkan. Dikatakan (E) “Sebelum pengerjaan Gang saya sudah rundingan atau musyawarah dengan pihak RT, Kadus, dan Kaur Ekbang untuk permintaan Dana-desa untuk pembangunan Gang tersebut namun pihak RT, Kadus dan Kaur Ekbang diajak untuk Ke Kantor Desa belum ada yang mau akhirnya saya datang sendiri menemui Kepala desa mengajukan permohonan dana buat pembangunan gang diblok ragasakti yang akan menghabiskan anggaran pada waktu itu sebesar Rp 7,2 Juta rupiah dan ada juga Gang yang baru, tinggal pemelurannya saja dengan panjang kurang lebih 80 M dengan ajuan permohonan dana sebesar Rp. 3 Juta rupiah untuk menyelesaikan semuanya. Namun sampai saat ini belum ada respon dan realisasinya. Sementara pihak desa hanya menyumbang 5 Sak semen saja. Jangan sampai pihak Kepala desa mengaku-ngaku untuk pembangunan Gang diblok ragasakti menggunakan anggara dari Dana Desa.” paparnya ¬†pada media ini beberapa waktu lalu.

Bakri atau Aking selaku Kepala Desa Setianegara Kec. Cilimus Kab. Kuningan menjelaskan pada media ini (ED) waktu itu datang ke sinih meminta untuk pembangunan Gang diblok Ragasakti Rt 015 Rw 005 dusun Kliwon dan saya bilang sabar jangan terburu-buru dan akhirnya dikirimlah 5 Sak semen. Adapun pembangunan Gang di blok ragasakti yang di bangun menggunakan uang masyarakat saya tidak tahu menahu, karena tidak adanya kordinasi dengan Kadus dan pihak lainnya. Sebenarnya pembangunan Gang di Blok tersebut sudah ada dalam RKPdes dan sudah di realisasikan dan tidak ada polemik di desa ini Kalau ada temuan sebenernya semua bisa di kordinasikan untuk menemukan solusinya,”jelas Kades.¬†(Tim/afs82)

 

Komentar

News Feed