oleh

Pemdes Orahili Sibohou Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengurus Pengelolaan BUMDes Kepada Masyarakat

Berita Nias Selatan-Sumut-Pemerintah Desa Orahili Sibohou sosialisasi pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Bali Pertemuan Desa Orahili Sibohou, Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan, yang dihadiri oleh Kasi Kerjasama Usaha Ekonomi Desa Faaniha Wau, mewakili Camat Gomo Faozatulo Lase, Kades Orrahili Sibohou Martinus Teluambanua, BPD Satieli Ndruru, Aparat Desa, Tokoh masyarakat, Agama, Adat, Selasa (20/10/2020).

Kepala Desa Orahili Sibohou Martinus Telaumbanua mengatakan berterima kasih kepada seluruh Stacholder baik di Desa Orahili Sibohou sehingga pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan Pengurus Pengelolaan BUMDes “Harapan Baru” dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Dikatakan Martinus Telaumbanua, program BUMDes ini sangat berbasis bagi peningkatan dan penghasilan pendapatan ekonomi masyarakat yang secara mandiri . hal ini bertujuan adanya perubahan pendapatan dan penghasilan masyarakat dari pendapatan sebelumnya secara mandiri, dan selain itu ia juga memberitahu bahwa dana untuk BUMDes itu sebesar Rp.150.000.000, ujarnya.

Hal itu bisa terjadi bila ada kerja sama maupun proaktif antar masing-masing pelaku kegiatan sehingga bisa terwujud harapan kita yakni meningkatkan elektabilitas pendapatan dan penghasilan tetap ekonomi masyarakat Desa Orahili Sibohou secara mandiri, harap kades.
Mewakili Dinas PMD Nisel Faaniha Wau mengharapkan kepada pengurus BUMDes untuk proaktif dalam menjalankan tugasnya yang bertujuan memajukan usaha desa tersebut, selain mengatakan pihak dinas PMD beserta stacholder lainnya akan siap memfasilitasi dan mendampingi demi kemajuan usaha desa salah satunya di Desa Orahili Sibohou,”ujarnya.

Mewakili Camat Gomo Faozatulo Lase dalam arahannya mengakatan BUMDes ini merupakan program kerja dari kepala Desa Orahili Sibohou, dan ini sangat perlu dikembangkan oleh setiap pelaku kegiatan sehingga adanya kemajuan dan peningkatan penghasilan ekonomi masyarakat di desa itu, ujarnya.

Ia juga memberitahu bahwa kegiatan BUMDes merupakan baru pertama didirikan di Kecamatan Gomo dari sebelas Desa di Kecamatan Gomo. Untuk itu perlu ditata semaksimal mungkin teknik pelaksanaannya yang tidak lepas dari fasilitas baik pihak DPMD Nias Selatan maupun stakholder di kecamatan Gomo, sehingga BUMDes ini benar-benar dilakukan karena ini terobosan baik dan harapan baru bagi masyarakat Orahili Sibohou, Ujarnya.

Jurnalis   : Afdika lase

News Feed