oleh

Penggandaan Soal Ujian SD Diduga Jadikan Lahan Bisnis Oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka

Majalengka Baraknews.com – Soal Ujian SD Tahun Ajaran 2016/2017 di Kabupaten Majalengka Jawa Barat di duga jadi lahan Bisnis Dians Pendidikan Kabupaten Majalengka.

Kepsek SDN Rajagaluh 2 Didi sekaligus K3S Kecamatan Rajagaluh mengatakan pada Media ini,”untuk penggandaan soal ujian di kelola oleh pihak UPTD Pendidikan Kec.Rajagaluh, tekhniknya setiap anggaran untuk penggandaan soal ujian setiap kepsek menyetorkan ke pihak UPTD Pendidikan melalui bendaharanya sehubungan anggaran BOS belum turun saat ini jadi anggaran untuk penggandaan soal ujian memakai dana talang terlebih dahulu,” ucap didi (07/03/2017)

Drs H Suparma kepala UPTD Pendidikan Kec.Rajagaluh juga selaku K3UPTD Pendidikan Kabupaten Majalengka membenarkan untuk pengelolaan penggandaan soal ujian pihak UPTD yang mengelola namun semua itu berdasarkan hasil kordinasi dengan PGRI KKPS Korwas K3UPTD dan Dinas Kabupaten, karena untuk bagian pengadaan soal ujian pihak Dinas Kabupaten yang mengadakan,”ungkapnya

Dikatakan Suparma untuk penggandaan soal ujian di Kec Rajagaluh dengan 4000 siswa dari 28 sekolah persiswa dianggarkan Rp. 1200 dikali 8 mata pelajaran, kalau dikelola di tingkat Kecamatan anggaranya akan membengkak,maka dari itu pihak UPTD Pendidikan bekerja sama dengan salah satu percetakan yang berada di Kab Majalengka,”jelasnya.

Diwaktu yang berbeda pengakuan Kepala UPTD Pendidikan Kec. Jatiwangi Ade saputra menjelaskan,”untuk pengelolaan penggandaan soal ujian di kelola oleh pihak Dinas pendidikan Ketua PGRI dan Korwas Kab. Majalengka dan sifatnya sudah rutin. Kepala UPTD pendidikan hanya pelaksana di iseluruh Kab Majalengka mengenai penggandaan soal ujian untuk SDN di kelola pihak Dinas” ini sudah aturan dari pihak atas ” ucapnya pada media ini.

Prayoga salah satu aktifis pemerhati dunia pendidikan yang tinggal di kota Bandung Jabar saat dipinta tanggapan melalui via telpon ia mengatakan,”pungsi Guru-guru dan KKG di setiap kecamatan dituntut kretifitas untuk pembuatan materi soal ujian berikut juga cara pengelolaannya bukan hanya sekedar menyetorkan uang untuk penggandaan soal ujian ke pihak UPTD Pendidikan Kecamatan.

Menurut Prayoga dengan adanya pengkolektipan anggaran untuk penggandaan soal ujian patut disoroti dikhawatirkan adanya nilai Fee atau lebih karena anggaran buat penggandaan soal ujian dari dana BOS bukan sedikit.”Jangan sampai pengelolaan penggandaan soal ujian di jadikan lahan bisnis oleh pihak oknum-oknum di dunia pendidikan,”pungkasnya. (Apif)

Komentar

News Feed