oleh

Penobatan Jenateke Kesultanan Bima ke-xvii

Kota Bima – Prosesi penobatan Muhammad Putera Ferryandi putra tertua mendiang Ferry Zulkarnain,ST akan di gelar pada hari minggu (18/09-2016) mendatang menjadi JENATEKE (Putra Mahkota) Kesultanan Bima ke-XVII.
Seluruh persiapan telah dikemas dengan sempurna,bapak A.Karim Azis,SH selaku ketua panitya bersama kru telah bekerja keras untuk mempersiapkan segala sesuatu sehingga pada saatnya nanti acara akan terselenggara dengan tanpa kekurangan.

Acara penobatan tersebut nantinya akan di gelar di ASI Mbojo (Istana Bima) yang akan di hadiri oleh seluruh raja dan sultan se-nusantara.”Insyaallah persiapan kami sudah matang,di samping acara penobatan ini akan di hadiri oleh tamu-tamu penting,yang paling utama ini adalah moment sejarah sekaligus budaya DANA MBOJO yang langka dan sakral yang harus tetap dipertahankan,dan juga tidak banyak daerah yang memiliki latar sejarah seperti kita”,jelas bapak A.Karim Azis,SH.

muhammad putera ferryandi
Muhammad Putera Ferryandi Sultan Bima

“Seluruh rencana kegiatan telah di koordinasikan dengan semua pihak terutama PEMKAB Bima,agenda acara yang akan menghadirkan seluruh raja dan sultan se-nusantara serta lebih kurang 3000 undangan ini benar-benar telah di persiapkan matang,demikian juga halnya dengan para tokoh dan sesepuh bima yang berada di luar daerah telah di hubungi terkait penobatan ini”,lanjutnya.

Dua hari sebelum acara penobatan di gelar,jum’at (16/09-2016) acara akan di awali dengan berkunjungnya Calon Jenateke ke kediaman NCUHI DARA yang bertempat di Kelurahan Dara Kota Bima,selanjutnya iring-iringan rombongan akan star dari pasar raya menuju Istana Bima.Rombongan Jenateke dan keluarga juga akan didampingi oleh Penghulu Melayu dan pasukan JARA SARAU sembari di meriahkan oleh atraksi SOKA bersama barisan Rimpu,sementara di ASI Mbojo telah di persiapkan Tari SERE, BUMI RENDA dan Wura Bongi Monca yang akan menyongsong Putra Mahkota sekaligus memeriahkan acara penobatan.

Di penghujung acara penobatan tersebut seluruh raja dan sultan se-nusantara akan mengadakan pertemuan silaturrahmi di hotel Mutmainnah Bima,membahas sekaligus mengukuhkan Cendekiawan Keraton Nusantara.
“Dalam hal ini kami berharap agar seluruh rakyat Bima bisa menjadikan moment ini sebagai sejarah penting yang sangat berharga,agar bumi kita Dana Mbojo senantiasa selalu damai, tetap menjaga persatuan dan persaudaraan”,tegasnya.( JHO ACM )

Komentar

News Feed