oleh

Pesawat Cargo Trigana Air Tergelincir Gagal Lending Dibandar Udara Wamena Jayawijaya

Wamena Jaya Pura – Pada hari Selasa tanggal 13 September 2016 pukul 07.33 wit bertempat di Run Way 33 Bandar Udara Wamena Jln. Gatot Subroto Distrik Wamena Kab. Jayawijaya telah terjadi insiden tergelincirnya pesawat Cargo Trigana Air Service PK-YSY dengan plo Caotain Jatmiko, Co Pilot Joshua dan FOO (teknisi) Iwan yang disebabkan gagal landing dengan kapasitas muatan barang yang dibawah sekitar -+ 14.913 Ton berupa BBM, beras dan gula dan kecepatan angin diperkirakan 20 knot.

Kronologis kejadiannya Pukul 06.55 Wit, pesawat Cargo Trigana Air Service PK-YSY Take Off dari Bandara Sentani menuju Bandara Wamena.Pukul 07.33 Wit, Pesawat Cargo Trigana Air Sevice PK-YSY Landing di Bandara Wamena, namun pada saat landing di Runway 15, pesawat Trigana Air Service mengalami gagal landing yang mengakibatkan pesawat mengeluarkan percikan api dibagian roda belakang pesawat sebelah kiri, sehingga pesawat tergelincir hingga di runway 33 kurang lebih 2 Kilometer dari posisi pertama mendarat.

Pukul 07.37 Wit, Pilot beserta 2 orang yang berada di dalam pesawat keluar dari pesawat dengan cepat,  dimana pesawat mengeluarkan percikan api.

Pesawat Cargo Trigana Air Tergelincir Bandar Udara Wamena Jayawijaya
Pesawat Cargo Trigana Air Tergelincir Bandar Udara Wamena Jayawijaya

Pukul 07.38 Wit, petugas pemadam kebakaran dan petugas keamanan Bandar Udara Wamena yang melihat pesawat gagal landing segera menuju runway 33 dan melakukan tindakan menyiram air di pesawat.

Pukul 08.01 Wit, Petugas Grondhenling Trigana Air Service mengeluarkan isi muatan berupa BBM, beras dan gula dengan menggunakan Forklif.

Pukul 08.30 Wit, barang muatan yang dibawah oleh pesawat Trigana Air Service telah diturunkan di tempat yang aman.

Pukul 09.00 Wit, pihak Polres Jayawijaya dan keamanan Bandar Udara Wamena menjaga pesawat Trigana Air Service PK-YSY yang berada di TKP atau di Runway 33.

Adapun kerugian Personil : Nihil, Materil  : pesawat Trigana Air Service Pk-YSY mengalami kerusakan berat dibagian mesin engine sebelah kiri, ban sebelah kiri pecah dan patah di runway 15, penutup Engine lepas di runway 15.

Untuk evakuasi pesawat Trigana Air Service PK-YSY menunggu kedatangan Tim KNKT. Penerbangan di Bandar Udara Wamena tertunda (diclose sementara) dikarenakan pesawat Trigana Air Service masih berada dipinggir runway 33 Bandar Udara Wamena. (Shen)

 

Komentar

News Feed