oleh

Program Generasi Sehat Cerdas (GSC) Dibidang Pendidikan Sangat Membantu

KABUPATEN DOMPU – Pogram Generasi sehat cerdas (GSC). Yang di inisiasi oleh kementrian Desa membangun daerah tertinggal dan transmigrasi telah berhasil menjangkau hampir seluruh desa di indonesia. Program ini memiliki tujuan meningkatkan kesehatan ibu dan anak serta meningkatkan Derajat pendidikan generasi muda di desa.

Para siswa yg mengikuti calistung.
Para siswa yang mengikuti calistung.

Dari 11 propinsi tersebut program GSC telah di laksanakan di 66 kabupaten 498 kecamatan serta 5754 desa di Indonesia.yang salah satunya adalah desa malaju kec.kilo kab.Dompu NTB berbagai macam program di yang di laksanakan baik di bidang kesehatan maupun bidang pendidikan. Bidang kesehatan kagiatan dilakukan dengan Imunisasi ibu hamil anak balita. Untuk mengantisipasi kekurangan gizi buruk lewat kader posyandu yang dibentuk setiap dusun.

Ketua GSC (Bos komandan) dan guru les SDN 01 Kilo.
Ketua GSC (Bos komandan) dan guru les SDN 01 Kilo.

Sementara di bidang pendidikan di samping menyiapkan perlengkapan sekolah juga mengadakan les yang bermoto Baca tulis dan menghitung(Calistung) yang diadakan setiap sekolah Dasar(SD) madrasah ibtidayah (MI) se desa malaju.

Ketua GSC Desa malaju sdr.Mujulan atau yang akrab di sapa (Bos Komandan) menuturkan kegiata ini merupaka cara kami untuk memberikan pendidikan tambahan kpd siswa SD dan MI yang blm lancar membaca, menulis dan menghitung demi tercapainya pendidikan yang merata.selain itu juga kami mewancarai salah satu siswa yang ikut les calistung Nana Andira murid kelas 4 SDN 01 kilo. Katanya merasa senang karena dapat ilmu tambah dan berterima kasih kepada GSC.

Bos komandan menambahkan kegiatan ini diadakan sore hari. Dalam 1 minggu hanya 4 kali pertemuan senin s/d kamis dan peserta di setiap sekolah hanya 20 siswa.Bos komandan mengatakan setelah Calistung GSC desa malaju akan bekerja sama dengan kapolsek kilo,pihak puskesmas kilo,Diknas dan masyarakat untuk mengampanyekan anti narkoba dan miras di desa malaju dan meminimalisir narkoba yang sedang marak saat ini dan akan di mulai dari sekolah sekolah lalu ke masyarakat,”tuturnya.(Adi Nara)

Komentar

News Feed