oleh

Program Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Jamban keluarga (Jaga) Sangat bermanfaat

KABUPATEN DOMPU – Menurut penelitian kedokteran Penyakit saluran pencernaan (GASTROENTERITI) meliputi Diare,Thipus,Hipatitis A, Desintri, polio dan kecacing masih menjadi penyebab kesakitan utama di negara berkembang termasuk indonesia sejak dari thn 1960 sampai sekarang. Diare dan thipus adalah penyebab nomor satu orang masuk rumah sakit di seluruh indonesia dan bahkan diare penyebab kematian anak anak di bawah umur (balita). Hal tersebut disebabkan siklus pencemaran masih ada di sekitar kita dimana banyak orang yang perlu punya jamban keluarga (jaka) dan membuang air besar (BAB ) disungai, saluran irigasi,kebun dan jg semak semak.

Kepala desa kiwu Husein Abdulah untuk meningkatkan kesehatan masyarakatnya menyediakan anggaran sesuai dengan muswarah desa (mudes) anggaran itu bersumber dari anggaran dana desa/ dana desa (ADD/DD) sebesar 27,500,000 untuk membuat jamban keluarga sebanyak 24 kepala keluarga. Biar tidak kecemburuan sosial di masyarakat kades kiwu berjanji bantuan jamban keluarga ini akan mengena semua dan belanjut sampai tahap berikutnya agar semua masyarakat bisa menikmati program jamban keluarga ini.

13434293_256597091370935_1018268521_n

Salah satu kepala keluarga ahmad warga dusun mangge maci desa kiwu kec kilo yang kami temui menyambut dengan baik program pemerintah untuk meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat dan menyatakan dengan adanya program ini kami tidak membuang BAB sembarangan lagi dan berusahan untuk merawat dan menjaganya dengan sebaik mungkin apa yang diberikan pemerintah saat ini. (Mulyadin)

Komentar

News Feed