oleh

Pulau Berhala Sulit Untuk Kembali Kepangkuan Jambi

JAMBI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi belum menyerah untuk kembali mendapatkan Pulau Berhala dari Kepulauan Riau. Namun sepertinya keinginan tersebut sulit untuk terealisasi.

Sejauh ini, belum terlihat upaya berarti dari Pemprov Jambi terkait upaya mengembalikan Pulau Berhala ke wilayah Jambi. Bahkan Gubernur Jambi Zumi Zola mengisyaratkan jika upaya mendapatkan kembali Pulau Berhala cukup sulit.

Saat awak media menanyakan hal tersebut, Zola mengatakan semangat dalam memperjuangkan pulau Berhala adalah semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dikatakan Zola, ia tidak ingin karena masalah Pulau Berhala ini menyebabkan terjadinya perpecaahan.

pulau-berhala
Pulau berhala Provinsi Jambi

“Negara ini adalah negara hukum, jadi apapun itu harus berdasarkan hukum, termasuk masalah Pulau Berhala. Kalau kita ingin memperjuangkannya, yakni dengan proses hukum dan prosedur yang ada, bukan emosi. Kalau pakai emosi nanti negara ini terpecah belah karena keinginan kelompok tertentu,” kata Zola, Minggu (2/10).

Untuk itu, kata Zola, ia mendorong sejarawan dan budayawan untuk menemukan bukti baru dan memperjuangkannya bersama-sama pemerintah. “Jadi langkahnya, kita akan melihat kalau memang secara hukum dan prosedur sudah ada, tentu akan kita perjuangkan,” katanya (Rudi Saputra)

Komentar

News Feed