oleh

Rakor Pemantapan Pelaksanaan MTQ NTB di Kabupaten Bima.

KABUPATEN BIMA,NTB, – Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVII tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2017 akan dilaksanakan di Kabupaten Bima, Sebagai tuan Rumah, 26 Oktober. Rangkaian kegiatan telah disusun disaat Rakor (12/10-2017)Pemkap Bima adapun Rangkaian kegiatan antara lain :

Pada tanggal 25 Oktober penerimaan kafilah dilanjutkan malam ta’aruf di Paruga Nae Kecamatan Bolo. Kemudian 26 Oktober pelaksanaan pawai ta’aruf yang melibatkan seluruh kafilah.

“Selain kafilah, dalam pawai taa’ruf tersebut akan diikuti seluruh OPD Pemkab Bima, seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat pada 18 kecamatan,” ujar Kabag Humaspro Setda, Armin Farid, SSos, Kamis (12/10/2017).

“Pelaksanaan pawai ta’aruf akan diiringi atau dihiasi berbagai kesenian tradisional, termasuk drumband dan hadrah rebana,” jelasnya.

Rute pawai ta’aruf dimulai dari halaman kantor Pemerintah Kecamatan Woha dan berakhir di persimpangan Talabiu.

Masih kata Armin, malam pembukaan dilaksanakan pada 26 Oktober di lokasi arena utama MTQ, halaman persiapan kantor Pemkab Bima Desa Dadibou, Kecamatan Woha. Rencananya akan dibuka oleh Gubernur NTB, HM Zainul Madji.

Pada malam pembukaan, kata Armin, akan diisi tarian masal kolaborasi tiga etnis yang melibatkan 800 personel oleh Seniman Aan Saputra dan Sanggar Seni Muda Bersatu. MTQ akan berlangsung hingga tanggal 2 November 2017 dan ditutup oleh Wakil Gubernur NTB.

Penginapan Dewan Hakim di Hotel Pantai Kalaki dan milik H Nggempo. Penginapan kafilah disediakan di rumah penduduk di Kecamatan Bolo dan Woha.

Di Dusun Bugis Desa Timu Kecamatan Bolo, telah disiapkan penginapan untuk kafilah Kabupaten Lombok Tengah. Demikian juga kafilah Kabupaten Dompu. Kabupaten Sumbawa di Desa Rato, Kota Bima di Dusun Tegal Sari Desa Rato, dan Kota Mataram di Desa Rasabou.

Di Desa Talabiu Kecamatan Woha, disediakan penginapan untuk Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Lombok Utara. Kabupaten Bima di Desa Rabakodo dan Kabupaten Lombok Barat di Desa Tente dan Rabakodo.

Lokasi kegiatan MTQ pada empat titik. Arena utama untuk golongan anak, remaja, cacat netra, dan dewasa. Di lapangan Talabiu untuk lomba golongan Qiraah Saba’ah, di Masjid Al Amin Desa Rato untuk golongan MHQ 1 sampai 5 Juz Tilawah. Di masjid Al Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo untuk lomba Golongan MHQ 10.20 dan 30 Juz Tilawah. (Him).

Komentar

News Feed