oleh

Selama 4 Hari Siswa MA Pasaman Hadapi 2 Jenis Ujian

Sumatera Barat Baraknews.com – Selama empat hari siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta se Kabupaten Pasaman menghadapi dua jenis ujian.

Dikatakan Kepala seksi Pendidikan Madrasah Nafrizal Selasa (21/3), berbeda dari tahun sebelumnya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional atau UAMBN diselenggarakan seiring dengan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), dan telah berlangsung sejak kemarin (20/3) dan akan berakhir pada Jumat mendatang (24/3).

UAMBN tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan terintegrasi dengan UASBN, ujarnya menerangkan.Memasuki hari kedua pelaksanaan UAMBN dan UASBN, dari hasil pemantauannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq terus mengingatkan agar peserta ujian tetap mematuhi tata tertib ujian, berkonsentrasi dan fokus serta bersungguh-sungguh dalam menjawab seluruh soal mata pelajaran yang diujikan.

Karena menurutnya, UAMBN ini bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.

Dinilai Abdel Haq UAMBN maupun UASBN  berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, salah satu syarat ketentuan kelulusan, umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran MA, alat pengendalian mutu pendidikan dan pendorong peningkatan mutu pendidikan di tingkat aliyah.

Dan dari hasil UAMBN dan UASBN ini juga dapat menjadi acuan kesiapan peserta didik dalam mengikuti ujian nasional (UN),” tukiknya.

Lagi, sarjana strata dua  ilmu agama itu berharap siswa-siswi MA dapat sukses meraih capaian nilai ujian yang memuaskan, dan hasil itu sekaligus akan membuktikan kualitas pendidikan di 12 MA ranah Pasaman ini.

Kembali Nafrizal menerangkan, UAMBN terintegrasi UASBN diikuti sebanyak 450 peserta dan sepuluh madrasah sebagai penyelenggara yakni MAN 1 Pasaman, MAN 2 Pasaman, MAS Nurul Hidayah Simatorkis, MAS Darul Ulum Mudik Tampang Rao, MAS Bonjol, MAM Sontang Tapus, MAS Darul Ulum PIQ, MAS Andilan, MAS PP MIS Cubadak dan MAS Yapku. (Darlin)

 

Komentar

News Feed