Seniman Reog Ponorogo Gelar Parade Keliling Desa Kunti

PONOROGO – Acara Sejarahan atau halal bihalal seniman Reog dari Paguyuban Seni Reog (PSR) Singo Wijoyo bersama warga Desa Kunti, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatin berlangsung spektakuler Minggu (16/7/2017) sore. Rangkaian acara diiisi dengan parade dadak merak seni reog dengan melilingi desa Kunti.

Informasi dari Amar Makruf salah satu tokoh pemuda Desa Kunti  menerangkan bahwa para pemuda ikut menyukseskan acara sejarahan parade reog desa Kunti. Amar juga menambahkan bahwa seni reog harus tetap dilestarikan hingga kapanpun. “Reog adalah budaya asli Ponorogo yang harus lestari sepanjang jaman,” ujar Amar.

 

Menurutnya, tari bujangganong dimainkan seniman laki-laki. “Kali ini menampilkan seniman perempuan dalam memainkan tari bujangganong,” tandasnya.

Secara terpisah Kepala Desa atau Kades Kunti, Supriono, kegiatan dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur seniman dan masyarakat desa Kunti. “Bersamaan dengan bulan Syawal ini kami para seniman dan masyarakat mengadakan sejarahan atau halal bihalal dan saling memaafkan,” tutur Supriono.

Pihaknya menerangkan bahwa acara sejarahan dilaksanakan rutin setiap tahun dengan agenda parade reog Ponorogo. “Alhamdulilah kita bisa kembali fitri sehingga bisa melaksanakan aktifitas kembali,” imbuhnya. (Muh Nurcholis)

  No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten