oleh

Studi Banding Tata Kelola Keuangan Desa Di Desa Sukamanah

KABUPATEN BOGOR  – Dalam rangka mengelola Dana Desa dan menjadikan desa lebih mandiri tentu di butuhkan pembangunan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai terutama untuk para Perangkat Desanya,  untuk itu maka pada (05/09) para Aparatur Desa Papua Kabupaten Mimika mengadakan kunjungan Studi Banding ke desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor.

Sebanyak 29 desa datang berkunjung guna menimba ilmu dan bertukar pikiran bagaimana cara mengelola keuangan desa dengan baik. Kebijakan ini sangat strategis karena desa Sukamanah adalah salah satu desa dengan tingkat prestasi yang patut dibanggakan.

Tujuan dari studi banding ini supaya Dana Desa dapat dikelola dengan baik dengan perencanaan yang matang supaya ke depannya tidak menimbulkan masalah. Maka tak salah apabila SDM dari Aparatur Desa harus di tingkatkan, karena keputusan pemakaian Dana Desa dipengaruhi oleh kemampuan Perangkat Desa masing – masing.

Desa harus didorong agar tidak hanya sebagai penerima dana setiap tahun, tetapi supaya dapat mempergunakan dana tersebut dengan baik dan benar. Dengan kunjungan studi banding ini juga diharapkan ada gagasan – gagasan baru yang bisa diimpletasikan sehingga pertumbuhan ekonomi desa bisa lebih meningkat.

Memanfaatkan potensi yang ada di desa baik dari sektor pertanian, wisata atau yang lain, dengan begitu masyarakat dapat menikmati hasil dari potensi desanya. H.Ismail selaku Kepala Desa Sukamanah mengatakan, “Allhamdulillah desa Sukamanah terpilih dan terpercaya sebagai tempat studi banding dari berbagai wilayah, selain sebagai ajang silaturahmi dan tempat bertukar pikiran, banyak hal positif yang dapat kita ambil dari acara ini, contohnya masyarakat dapat ikut berjualan yang tentunya dapat sekaligus memperkenalkan produk – produk kerajinan khas Bogor, dengan begitu kerajinan Bogor lebih dikenal ke wilayah lain se – Indonesia “, ujar Ismail saat ditemui awak media disela – sela acara. (Wie)

 

Komentar

News Feed