oleh

US/M Hari Pertama di SDN 2 Sukasari dan SDN 1 Banjarsari Berlangsung Normal.

BANJARSARI – Ujian sekolah/madrasah (US/M) untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2015/2016 akan digelar mulai tanggal 16 Mei sampai 18 Mei 2016. Ujian akhir yang dulunya dikenal dengan Ujian Nasional (UN) ini tetap mengujikan tiga mata pelajaran, yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Seperti di SDN 2 Sukasari yang memulai US/M pada hari Senin (16/5) kemarin. Sejumlah 36 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 23 siswi perempuan menggelar US/M dengan mata pelajaran pertama yaitu Bahasa Indonesia.

Kepala SDN 2 Sukasari, Edi, S. Pd, mengatakan sebagai sekolah percontohan di Kabupaten Ciamis, dirinya mengharapkan agar anak-anak yang mengikuti US/M Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat termotivasi untuk terus belajar,”ya mudah-mudahan anak-anak bisa termotivasi untuk terus belajar, meskipun tidak menentukan kelulusan tapi ujian sekolah ini sebagai standar untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya,” ujar Kepala SDN 2 Sukasari yang juga pernah meraih juara 1 lomba UKS tingkat kabupaten tahun 2015 tersebut. Sesuai dengan jadwal pelaksanaan ujian sekolah yang tertulis pada Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaraan ujian sekolah tahun pelajaran 2015/2016, hari pertama adalah Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, dan hari ketiga IPA. Sementara itu,

Kepala SDN 2 Sukasari, Edi, S. Pd, saat ditemui di ruangannya, Senin (16/5) pagi.
Kepala SDN 2 Sukasari, Edi, S. Pd, saat ditemui di ruangannya, Senin (16/5) pagi.

Kepala SDN 1 Banjarsari, Emed Karmedi, M, Pd, mengungkapkan sebagai sekolah yang memiliki jumlah siswa terbanyak pada US/M tahun ini di tingkat Kecamatan Banjarsari mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi US/M, “jumlah siswa yang ikut 55 orang, 31 laki-laki dan 24 perempuan, persiapan kami mulai dari pengajuan daftar peserta US/M ke UPTD kemudian ke Ciamis, sampai mengadakan pengayaan mulai dari Januari sampai Mei minggu kedua,” tutur kepala sekolah yang baru 4 tahun menjadi kepsek di SDN 1 Banjarsari tersebut.

Untuk ujian sekolah susulan bagi siswa yang berhalangan hadir akan dilaksanakan mulai tanggal 23 sampai 25 Mei 2016. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia 50 soal, Matematika 40 soal, dan IPA 40 soal dan semuanya pilihan ganda. (Bayu Eriga)

Komentar

News Feed