Wali Kota Ajak Umat Budha Jaga Kebhinekaan

          BERITA KOTA MEDAN —  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh umat Budha di Kota Medan untuk senantiasa menjaga kerukunan hidup umat beragama dan hubungan kekeluargaan di ibukota Provinsi Sumatera Utara yang selama ini sudah terbina dengan baik, sehingga  tetap terjaga secara harmonis dan jangan sampai terkoyak.

“Alangkah indahnya kehidupan ini saat kita bisa berkumpul, bermain dan hidup bersama dengan damai tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras maupun berbagai perbedaan lain,” kata Wali Kota ketika menghadiri Perayaan Dharmasanti Waisak 2563 BE/2019 di Uniland Plaza Medan, Selasa (18/6) malam.

Sekaitan itulah di momen peringatan  Hari Dharmasanti Waisak, Wali Kota mengajak umat Budha Kota Medan untuk terus mengembangkan hati Budha dan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Kota Medan terkenal sebagai kota multikultural yang menjadi cerminan Indonesia mini.

“Saya berharap, saat ini maupun hingga waktu mendatang, situasi Kota Medan akan terus terjaga dengan kondusif. Oleh karena itu, mari sama-sama kita jadikan Kota Medan sebagai contoh kehidupan kota metropolitan multikultural yang aman, damai, dan tentram,” harapnya.

Di hadapan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Kota Medan Pandita Ernest Chen serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan yang turut hadir dalam perayaan tersebut, Wali Kota kemudian mengungkapkan, suasana kondusif ini juga tercipta tidak terlepas karena warga Kota Medan yang multikultural terkenal sangat toleran dan menghormati perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan yang ada.

Dalam perayaan yang mengusung tema, “Pahami Hati Tapakkan Kesejatian Diri”, Wali Kota selanjutnya memaparkan, bagi umat Budha, Hari Raya Dharmasanti Waisak tentulah merupakan hari besar yang penuh dengan makna dan berisi tentang sejarah yang tidak akan mungkin bisa dilupakan.

Oleh karenanya melalui peringatan Dharmasanti Waisak, Wali Kota berharap dapat menjadi salah satu momen bagi semua untuk menitikberatkan pentingnya menjaga kebhinekaan dalam kebersamaan. “Untuk itu umat Budha dan seluruh umat beragama di Tanah Air harus turut menjaga kebhinekaan yang saat ini sedang diuji ketahanannya sebagai akibat berbagai peristiwa politik yang digelar di Tanah Air,” harapnya.

Sebelumnya Ketua Walubi Kota Medan Pandita Ernest Chen dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan, khususnya Wali Kota atas terselenggaranya Perayaan Dharmasanti Waisak Kota Medan 2563 BE/2019. Melalui momentum ini, Pandita Ernest mengajak seluruh umat Budha agar membantu Pemko Medan menciptakan serta menjaga keamanan dan kekondusifan di Kota Medan.

“Kami (Walubi) mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan, khususnya Bapak Wali Kota atas terselenggarannya perayaan hari suci yang berlangsung meriah ini. Sebagai bentuk dukungan kami kepada pemerintah, kami siap ikut serta dan berperan untuk senantiasa menjaga khebinekaan dan keharmonisan yang selama ini telah terbina dengan baik selama ini,” kata Ernest.

Perayaan Dharmasanti Waisak berjalan  dengan penuh khidmat dan ditandai dengan penyalaan lilin. Sebelum meninggalkan lokasi acara, Wali Kota menerima cinderamata dari Ketua Walubi Kota Medan sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih Walubi kepada Pemko Medan. Perayaan yang berlangsung mulai pukul 19.00 WIB tersebut dipungkasi dengan sejumlah hiburan, termasuk tarian multi etnis dari Dinas Kebudayaan Kota Medan serta pembagian hadian melalui lucky draw. (H/KU/*Sugandhi Siagian) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten