oleh

Warga Mancak Demo Pemkab Serang

Barak News.Com Banten – Sejumlah masyarakat Desa Sigedong Kecamatan Mancak dan tokoh pemuda menggelar aksi demo di halaman pendopo Kabupaten Serang, Senin (7/3/2016). Mereka menuntut hak atas lahan pertanian yang rusak dan hancur yang diakibatkan oleh penambangan galian C.
Seorang warga, Khoirudin (45) dalam orasinya mengatakan, lahan di daerah Sigedong merupakan lahan untuk pertanian,perkebunan, namun saat ini sudah tidak bisa lagi bertani.“masyarakat yang sudah menanam kacang dan berkebun selama bertahun-tahun kini hanya bisa pasrah dengan keadaan lingkungan yang rusak oleh aktifitas galian C,” katanya.
Khoirudin menambahkan,anak-anak setiap detik selalu mendapat ancaman dari tebing-tebing yang tinggi tanpa pagar pembatas dimana mereka bermain. hewan peliharaan seperti kambing, sapi juga tidak mau minum di aliran sungai karena sudah tercemar, dan warga merasa teraniaya oleh oknum pemilik galian tersebut. demo serang

“Anak-anak yang seharusnya bisa bermain dengan tanpa beban, kini seolah-olah menjadi intaian maut, mengingat sewaktu-waktu terjadi longsor,mengingat banyak sekali kubangan baik besar maupun kecil disekitarnya. Kami menutut agar lahan tersebut bisa dikembalikan dan di fungsikan seperti semula,”tuturnya.
Tokoh pemuda yang tergabung dalam Persatuan Masyarakat Perbatasan (Perkat) Gofar menyatakan, asal muasal penambangan galian C yang meluas mulai dari Kota Cilegon sampai ke Kabupaten Serang sudah merusak lingkungan. “Kami tidak habis pikir dengan penambangan ini, mengingat asal mula di Kota Cilegon kemudian merambah ke Kabupaten Serang. Padahal mereka diduga tidak melakukan perijinan, karena ketika kami menanyakan data di Kota,Kabupaten dan provinsi yakni Distamben”tuturnya

index
Sementara itu Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Rumah Hijau Supriyadi yang konsen terhadap lingkungan mengatakan, beberapa tokoh masyarakat, pemuda dan lembaga swadaya akan menginap didepan kantor pemerintah Gubernur. “Kami melakukan longmarch dari JLS Cilegon ke kantor Gubernur dan akan menginap disana sebagai bentuk aksi keseriusan kami.Selain itu kami akan mogok makan dan meminta agar pemerintah provinsi dimana kewenangan perijinan galian C untuk mengusut tuntas dan menangkap pelaku kejahatan lingkungan yang dilakukan oknum penambang di Kota Cilegon khususnya daerah Sondol dan Cigedong,” tegasnya.
Sementara itu, Asda I Pemkab Serang Agus Erwana yang menemui para pendemo mengatakan, prihatin atas laporan dari masyarakat dan pemuda mengenai kondisi lingkungan di daerah Cigodang, Mancak.Dan hal ini menjadi masukkan yang sangat berharga bagi Pemkab serang. “Atas nama pemerintahan Kabupaten Serang, kami akan menindak lanjuti laporan dari saudara-saudara. Walaupun kewenangan perizinan di provinsi, namun aktifitas galian tersebut berada di daerah kami dan berdampak pada masyarakat kami,”tuturnya.(Riz)

Komentar

News Feed