oleh

Waspadai Wabah Konjungtivitis

Mabar NTT Baraknews.com – Wabah Konjungtivitis menyerang Kabupaten Manggarai Barat kota Labuan Bajo awal bulan Februari 2017 lalu Hingga Bulan Maret 2017 ini dan masih menyebar luas kepelosok Desa. Wabah ini menyerang pada indra penglihatan khususnya Manusia, di akibatkan oleh virus dan terjadi pada peralihan musim hujan kemusim kemarau.
Wabah ini menyebar dengan cepat di beberapa Kecamatan dan Pelosok Desa, Diantaranya Kecamatan Sanonggoang yakni Desa Golo Leleng, Desa Nampar Macing, dan Kecamatan Mbeliling yakni Desa Golo Tantong dengan titik yang paling cepat menular adalah di kampung Tenda dan Kampung Kaca.

Menurut Bpk Simon Selaku Kepala Postu Desa Golo Leleng ketika di wawancarai  saat selesai kunjungan posiandu di Desa Golo Leleng selasa 14/03/2017 hari ini beliau mengatakan Wabah konjungtisitis ini sangangat cepat menular baik melaui kontak langsung pada penderita maupun tidak langsung. Ada beberapa gejala yang timbul pada pendetita akibat penyakit ini yakni: 1. Mata penderita merasakan gatal-gatal disaat awal penularan. 2. Bola Mata Berwarna Merah. 3. Pandangan terasa kabur, 4. Mata Berair, 5. Bola mata terasa Sakit, 6. Terdapat banyak kotoran pada mata, 7. Peka terhadap cahaya yang mengakibatkan peradangan. Jika tidak melakukan pengobatan akan mengakibatkan pembengkakan mata dan lamakelamaan  menjadi buta.

Dari Data penderita konjungtivitis yang melakukan perawatan di postu Nsmpar Macing Golo Leleng dalam bulan ini Bapak Simon  menjelaskan terdapat puluhan orang yang berobat yakni kurang lebih 15-20 orang dan sisanya adalah pengobatan tradisional dengan berbagai macam bahan rempah-rempah.

Menurut beberapa warga yang ditemui terpisah dan diwawancara langsung senin 14/03/2017 berinisial SH (23) menjelaskan penyakit ini mudah tertular baik kontak langsu maupun tidak langsung dan bisa menular pada siapa saja dan tidak mengenal usia. Ia mengatakan Penyakit ini terjadi oleh menyebarnya virus akibat peralihan musim hujan ke nusim kemarau dan biasanya menurut para leluhur wabah ini ditandai dengan adanya bunga Kayu Kalo.

Dari awal penyebaran wabah yang berbahaya yang melanda Kabupaten Manggarai Barat, Hingga saat ini belum ada tanggapan khusus dari pemerintah dan Dinas terkaiit untuk menangani dan nengatasi penyebaran penyakit ini. Diharapkan pemerintah dan Dinas terkait untuk segera mengambil langkah dan tidakan pencegahan kepada titik wilayah yang menderita penyakit Konjungtivitis ini. (Tim Baraknews.com NTT)

Komentar

News Feed