oleh

Babinsa & PPL Ajari Kelompok Tani Khoda Desa Tugala Lauru Menanam Bibit Jajar Legowo

BERITA KABUPATEN NIAS UTARA (SUMUT) — Desa Tugala Lauru kacamatan Lahewa Timur kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan penanaman bibit tanaman padi dengan sistem jajar legowo, Bersama babinsa kodim 0213. Juma’at 21/06/2019.

Jajar legowo (jarwo) adalah teknis penanaman padi sawah menggunakan beberapa barisan tanaman kemudian diselingi oleh satu barisan kosong (lorong) dimana jarak tanam pada barisan pinggir ½ kali jarak tanaman pada baris tengah.

Istilah Legowo di ambil dari bahasa Jawa, yaitu berasal dari kata ”lego” berarti luas dan ”dowo” berarti memanjang. Jadi jajar legowo merupakan sistem tanam padi dengan jarak tanam yang lebar dan teratur.

Hal ini dilaksanakan dan dihadiri oleh PPL dan babinsa bersama kelompok tani khoda didesa Tugala Lauru. 

Selanjutnya kegiatan ini diapresiasi salah satu lembanga swadaya masyarakat salah satu diantaranya Edward Lahagu Sekjen LSM PERKARA mengatakan, ” kegiatan seperti ini sangat kita Apresiasi dimana hal ini mewujudkan kebersamaan antara masyarakat dan juga babinsa begitu juga para PPL,”Kata Edward saat dikonfirmasi lewat via seluler. (Yuliasa Zalukhu)

News Feed