oleh

Dinkes Kabupaten Ciamis Gelar Workshop PPGD Untuk Awam Relawan Layad Rawat

BERITA KABUPATEN CIAMIS (JAWA BARAT), Ciamis – orkshop PPGD untuk Awam Relawan Layad Rawat merupakan program pembinaan untuk masyarakat awam tentang PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) 119 Program Layad Rawat dari Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis di The Priangan Hotel, dilaksanakan 2 – 4 Desember 2019.

dr. Eni Roheni sebagai pelaksana kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait kesehatan masyarakat dengan cara penanggulan atau pertolongan pertama secara cepat terkait permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat berupa hal kejadian penanganan kecelakaan yang sangat membutuhkan pelayanan cepat sebelum tindakan medis seperti, rumah sakit, Puskesmas dan klinik.

dr Eni sebagai pelaksana kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait kesehatan masyarakat dengan cara penanggulan atau pertolongan pertama secara cepat terkait permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat berupa hal kejadian penanganan kecelakaan yang sangat membutuhkan pelayanan cepat sebelum tindakan medis seperti, rumah sakit, Puskesmas dan klinik.

“Mengapa kami melibatkan peran serta masyarakat awam agar masyarakat tahu dan bagaimana cara tindakan pertolongan pertama pada suatu kejadian kecelakaan atau bencana, dengan adanya Program Layad Rawat melalui pelayanan cepat kode akses 119, pelayan panggilan darurat, ini akan percepat penangan penolongan terhadap korban yang sering terjadi di lingkungan masyarakat seperti penaganan kecelakaan lalulintas, serangan jantung, kebakaran, atau bencana alam. Di sini para peserta diberi pendidikan dan wawasan tentangan PPGD sejak dini sebelum tindakan medis,” jelasnya, Senin (2/12/2019).

Dr Eni menambahkan dengan kegiatan ini pihaknya akan membentuk satuan tim kode akses pelayanan kesehatan 119 (emergency).

“Bentuk pelatihan bisa melibatkan dari beberbagai unsur seperti pemerintah, dokter dan perawat, masyarakat, organisasi masyarakat, media dan lainnya,” pungkasnya.

Workshop ini di buka oleh Asda II Drs Toto Marwoto, M.Pd. dan Plh Kadinkes Drs Maman beserta jajaran Dinas Kesehatan, Babinsa, Binmas, Tagana, Insan Media dan masyarakat perwakilan desa se-Kabupaten Ciamis. (Riz)

Komentar

News Feed