oleh

Luar Biasa …! SD Kelas 1 Sudah Lakukan Komposting Anak Indonesia

Surabaya – Komposting adalah suatu kegiatan yang mengolah dan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos dalam sebuah alat yang yakni komposter.

Di dalam komposter inilah proses pengolahan terjadi. Kegiatan ini keren kan!!!

Untuk peserta didik kelas tinggi yakni kelas 4, 5, dan 6 proses komposting benar – benar dilaksanakan. Dari memasukkan bahan, memberi stater, memberi air sesuai dengan kebutuhan, serta mengaduk dan memantau setiap harinya bersama Pokja mereka.

Namun untuk peserta didik kelas 1 yang masih imut – imut tugasnya tentu berbeda dengan kelas tinggi.
Untuk kelas 1- 3 tugasnya menyediakan bahan komposting antara lain menyediakan daun sebagai salah bahan dengan sebutan ” Sate Daun”. Setiap hari Rabu peserta didik kelas 1, 2, dan 3 mengumpulkan daun yang ditempatkan dalam satu lidi. Sate daun, sate daun, sate daun kata – kata itulah yang diucapkan peserta didik kelas 1, 2, dan 3 setiap hari Rabu.

IMG-20160810-WA0053

Senang dan semangat tampak di aura wajah peserta didik dengan kegiatan ini. Mereka mengumpulkan daun dengan cara yang unik. Sambil bekerja mereka bisa bekerja sama antar peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan lingkungannya.

Harapan Sekolah SD Carolus Surabaya ini dan juga Harapan Bu Emi selaku Kepala Sekolah adalah, “dengan kegiatan ini adalah menumbuh kembangkan rasa cinta peserta didik terhadap lingkungannya, mampu menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat”.

Kegiatan ini Sangat Luar Biasa dan Keren, semoga Sekolah sekolah lain bisa mengikutinya. Indonesia penghasil sampah terbesar kedua diseluruh dunia.Mari kita Diet Plastik, Kurangi sampah kita, Olah sampah kita. Indonesia akan bebas sampah 2020. (Ais)

Komentar

News Feed