oleh

Sidang Prapid Terkait Penghetian Penyidikan Kasus SKCK HJH Di Gelar Di Pengadilan Negeri Gunungsitoli

BERITA GUNUNGSITOLI-SUMUT,—— Sidang praperadilan terhadap Kapolres Nias terkait penghetian penyidikan kasus SKCK an.Herman jaya Harefa telah digelar oleh pengadilan Negeri Gunungsitoli selasa (13/08/2019) dengan agenda pembacaan permohonan dan jawaban dari pemohon.

Pihak Hakim majelis memulai sidang selasa 13 /08/2019 dan sekaligus membacakan jadwal persidangan hingga penetapan pembacaan putusan.

Sidang kedua  dilanjutkan  hari rabu tgl 14/08/2018 jawaban atau tanggapan dari pemohon prapid dan pengambilan keterangan saksi dari pihak pemohon dan dari saksi termohon.

Pada saat di konfirmasih,  Sehati Halawa SH,MH,selaku saksi utama,   pada saat waktu itu melakukan penghinaan kepada Bupati Nias ,oleh Herman Jaya Harefa,melalui surat selaku ketua LSM ternyata pengaduan tersebut tidak benar sehingga Herman jaya Harefa menjadi tersangka di Reskrim Polres Nias dan telah divonis oleh pengadilan Negeri Gunungsitoli tahun 2010 divonis satu tahun penjara dan di hukum percobaan selama 6 (enam bulan). 

Dengan adanya putusan pengadilan maka yang bersangkutan sudah termasuk mantan Narapidana ada apa dengan SKCK Tidak pernah terlibat dalam kriminal apapun 

Sementara Budi Eli Dawolo selaku kuasa hukum dari Lo’ozaro Zebua mengatakan sidang pra peradilan ini digelar berdasarkan laporan kliennya dan didaftarkan di Pengadilan Negeri Gunung Sitoli sekira 5 Agustus 2019 dengan Register nomor : 04/Pid.Pra/2019. “Hari ini sidang pertama yang di mulai sekitar pukul 10.00 Wib tadi pagi, dengan agenda pembacaan permohonan Praperadilan oleh Pemohon. Pada sidang pertama pihak termohon (Polres Nias) hadir yang diwakili oleh kuasa Hukum termohon,” ujarnya.

Lanjutnya, sidang telah dilaksanakan sesuai dengan aturan yaitu pembacaan permohonan dan jawaban dari Termohon. Dan agenda sidang berikutnya seperti Replik, Duplik, penyerahan bukti, pengambilan keterangan saksi (pemohon dan termohon) serta kesimpulan akan dilaksanakan keesokan harinya lagi secara berturut-turut sesuai dengan agenda yg telah di sepakati oleh Pemohon dan Termohon yg disetujui oleh majelis Hakim dan panitera.(af Lase) 

Komentar

News Feed