oleh

Terus Kembangkan Syiar Islam & Jaga Kerukunan

BERITA PEMKOT MEDAN — Wakil Wali Kota Medan  Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak semua, terutama keluarga besar Muhammadiyah  untuk terus mengembangkan syiar Islam serta senantiasa menjaga kerukunan di semua lapisan masyarakat.

Ajakan ini disampaikan Wakil Wali Kota ketika menghadiri Silaturrahim Syawal 1440 H yang digelar Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Medan di Sekretariat PD Muhamadiyah Jalan Mandala By Pass,  Minggu (23/6).

“Mari kita kembangkan syiar Islam serta menjaga kerukunan di semua lapisan masyarakat,” kata Wakil Wali Kota. Kemudian Wakil Wali Kota mengajak seluruh keluarga besar Muhammadiyah memanfaatkan momen Silaturahmi Syawal sebagai alat pemersatu bangsa.

Selanjutnya Wakil Wali Kota berharap agar masyarakat terus mempertahankan silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Kemudian senantiasa saling mengingatkan dan saling menasihati jika ada yang tidak lagi mampu menjaga sikap dan perilaku sehari-hari dengan baik.

“Jadi marilah kita manfaatkan penghapusan dosa di antara kita pada hari ini dengan menguatkan niat dan tekad agar selalu berusaha menjaga baik hubungan di antara kita sebagai sesama hamba Allah,” harapnya.

Dihadiri  Ketua LDK PP Muhammadiyah M Ziyad MA, Ketua PD Muhammadiyah Medan Drs Anwar Sembiring MPd., Sekretaris PD Muhammadiyah Medan Dr Hasrat Efendi Samosir dan ratusan anggota keluarga besar Muhammadiyah, Wakil Wali Kota selanjutnya menyinggung masalah  genangan air yang terjadi di  beberapa titik di Medan beberapa hari lalu.

Mantan anggota DPRD Medan itu menerangkan, persoalan genangan air tidak berdiri sendiri. Ada berbagai faktor, jelasnya, sebagai penyebabnya seperti  terbentuknya sendimentasi di parit akibat belum tumbuhnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Sendimentasi tersebut membuat air tidak mengalir  sehingga air meluap ke jalan ketika hujan deras.

Selain sendimentasi akibat kurangnya kesadaran masyarakat, Wakil Wali Kota mengungkapkan, genangan air yang terjadi juga tidak terlepas dari naiknya air Sungai Deli akibat mengalami pendangkalan  karena sudah lama tidak pernah dilakukan pengerukan. Kemudian ditambah lagi dengan terjadinya pasang di Belawan.

“Semua (genangan air) ini tidak ada yang  berdiri sendiri. Ketika hujan air Sungai Deli naik. Kebetulan, saya dapat laporan di Belawan sedang pasang. Tertahanlah air tidak masuk ke laut. Kalau air Sungai Deli naik, maka air Sungai Babura, Sungai Sikambing, dan sungai lain yang termasuk dalam alurnya, tidak bisa masuk. Sehingga tertahanlah air itu. Mohon maaf, ini bukan berapologi,” tegasnya.

Silaturrahmi Syawal PD Muhammadiyah Medan berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan. Selain diisi dengan ceramah oleh Ketua LDK PP Muhammadiyah M Ziyad MA, acara juga dirangkaikan dengan pemasangan kacu oleh Wakil Wali Kota kepada calon jemaah haji dari Keluarga  Besar Muhammadiyah yang akan  menunaikan Rukun Islam kelima tersebut. (H) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten