oleh

Camat Encep Sahayat, Sosok Yang Bermitra Dan Bersinergi Dengan Insan Jurnalistik

Baraknews Tangerang–Peran media massa atau jurnalistik sangat penting di era saat ini. Hal itu disadari betul oleh Encep Sahayat, Camat Cisoka yang kini berpindah tugas di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang. Tidak heran, ketika menjabat sebagai Camat Cisoka, Encep Sahayat menjalin kemitraan dan sinergisitas dengan insan jurnalistik.

“Jurnalistik memiliki peran yang sangat penting dan strategis, oleh karenanya perlu bermitra dan bersinergi dengan insan jurnalistik”, kata Encep

Menurut Encep, jurnalistik setidaknya memiliki 10 ( sepuluh) peran, yaitu :
1. Sebagai pembaharu. Melalui berita yang disampaikan kepada masyarakat, berita bisa merangsang, mempengaruhi dan mengubah pikiran, bahkan menggerakan masyarakat berbuat suatu hal, baik positif maupun negatif.
2.Sebagai alat kontrol sosial. Jurnalistik tidak hanya berperan dalam menyampaikan pemberitaan tentang sebuah peristiwa, namun juga mengingatkan jika ditemui yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat.
3.Sebagai pemberi informasi melalui berbagai karya jurnalistik, seperti berita, feature, reportase, atau karya jurnalistik lainnya.
4.Sebagai pendidik masyarakat, artinya jurnalistik menyajikan informasi pengetahuan yang bersifat mendidik serta bermanfaat.
5.Sebagai pemberi hiburan, misalnya feature atau komik yang isinya membahas kehidupan masyarakat.
6.Sebagai informer. Jurnalistik bertindak sebagai mata dan telinga masyarakat dengan menginformasikan berbagai peristiwa yang terjadi tanpa prasangka dan bersifat netral.
7.Sebagai interpreter. Tiap peristiwa yang terjadi perlu ditafsirkan atau diartikan. Jurnalistik punya peran untuk menjelaskan arti dari peristiwa yang terjadi, misalnya dengan analisis berita dalam reportase.
8. Refresentative the public. Jurnalistik dipandang sebagai wakil publik, karena berita merupakan produk jurnalistik yang menjadi cerminan suara masyarakat.
9.Watchdog, jurnalistik mengkritisi kebijakan atau tindakan yang dipandang merugikan masyarakat.
10. Advokasi, jurnalistik membela kepentingan masyarskat.

Ketua Kelompok Kerja Media Center Cisoka, Dwi Sandy mengatakan bahwa saya mewakili segenap rekan kerja Pokja Media Center Cisoka memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Encep Sahayat telah menjadi pemimpin yang amanah dan mampu menyelenggarakan urusan pemerintahan dengan baik, selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah, legislatif, forkopimcam, tokoh masyarakat, pemangku kepentingan maupun berkolaborasi dengan insan Pers.

Dengan ini, kami Pokja Media Center Cisoka memberikan dukungan, atas dedikasi beliau berjuang bersama dan memberikan doa terbaik. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan bagi Bapak Encep Sahayat dan kita semua,” harapnya. No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten