oleh

Panggung Boneka Srikandi Polres Jember Bantu Pemulihan Trauma Anak Korban Bencana

Berita MaPolres Jember – Sejumlah personil yang tergabung dalam tim khusus trauma healing ” Panggung Boneka Srikandi Polres Jember ” melakukan pemulihan trauma (trauma healing) kepada anak – anak korban bencana banjir di Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, Jember. Kamis (21/01/2021).

Tim Panggung Boneka Srikandi Polres Jember berusaha membantu anak-anak korban bencana untuk memulihkan trauma atau trauma healing bagi mereka yang mengalami gangguan psikologis.

Kasat Lantas Polres Jember AKP Jimmy Heryanto H. Manurung, S.H, S.I.K menceritakan bagaimana pihaknya berusaha membantu memulihkan kondisi psikologis anak-anak korban bencana banjir.

” Kami menggunakan media dongeng atau cerita theater srikandi Polres Jember untuk menghibur anak-anak guna membantu menghilangkan rasa traumatik yang dialami”, ungkapnya.

Berbagai cerita anak-anak diperdengarkan melalui media boneka. Bahkan, anak-anak juga diajak untuk bernyanyi dengan lirik yang diubah agar terdengar lebih menarik.

Dia mengatakan, metode tersebut sangat berpengaruh untuk memulihkan psikologis anak-anak sekaligus menjadi wahana edukasi tentang kesadaran berlalu lintas sejak usia dini.

Senada dengan yang diungkapkan Kasat Lantas, AKP. Yuliati Suviani, SH mengatakan dia melihat banyak anak-anak yang menyaksikan rumahnya terendam banjir, sehingga dimungkinkan timbul rasa trauma akibat keadaan yang terjadi.

” Apa yang dilakukan Kami bersama Tim Trauma Healing merupakan salah satu cara untuk bisa membantu selain memberikan bantuan berbentuk donasi”, Kata Kasat Binmas Polres Jember.

Hal ini dikarenakan adanya pengembangan dari segi penyampaian edukasi yang tidak hanya dengan mendongeng secara langsung melainkan melalui pemutaran hiburan anak anak “film Ipin Upin” . Tema yang disajikan juga seputar konten ramah anak.

“Disini Kami tergerak karena ingin menebar 1000 Kebaikan Di Kabupaten Jember . Mungkin tidak banyak yang bisa kami bantu, tapi di sinilah (dengan cara ini) Kami bisa memberi banyak manfaat,” pungkasnya.

News Feed