oleh

TMMD 114 Kodim 0510/Trs, Gelar Penyuluhan Pembinaan Mental Untuk Pelajar

-Kodamjaya-42 views

Baraknes Kodam Jaya, Tigaraksa – Puluhan pelajar SMPN 1 Mekar Baru Kecamatan Mekar Baru Kabupaten Tangerang, mendapatkan penyuluhan pembinaan mental di TMMD non fisik Kodim 0510/Trs, Senin (08//08/2022).

Kegiatan penyuluhan di TMMD non fisik kali untuk memberikan pembekalan mental kepada para siswa siswa dalam menghadapi ujian sekolah atau tes soal – soal yang di berikan oleh pihak sekolah.

Dansatgas TMMD 114 Kodim 0510/Trs Letkol Arh Syarief SB melalui Pawas TMMD non fisik Kapten Arh Samsuri menjelaskan, pemberian pembekalan mental ini bertujuan, agar para siswa dan siswi tidak stres dan tidak depresi dalam menghadapi soal soal yang di berikan pihak sekolah ataupun Kemendikbud.

Dalam materinya yang disampaikan bapak Dyas putra Pratama dari Dinas sosial Kab.Tangerang,
“Mental Healt yang artinya kesehatan pada mental seseorang,dimana mental yang baik atau stres yang baik itu adalah memikirkan kegiatan ujian atau soal – soal untuk besok hari, mempersiapkan diri belajar pada malam hari untuk menjawab soal soal yang di berikan.
Ini hal yang biasa di hadapi semua kalangan pelajar namun bagaimana cara kita menghadapinya yakni dengan percaya diri untuk terus berusaha belajar sebelum ujian dimulai.” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk mental yang kurang baik adalah yang mengarah kepada depresi yaitu kecemasan yang berlebih sehingga panik dalam menghadapi persoalan.
Dikarnakan yang pertama dirinya tidak menguasai materi dan tidak berusaha untuk belajar hingga percaya diri hilang dan ditambah lagi stres dengan persoalan lain.

Gangguan mental lainya ada dua yang pertama karna stres sipotik yang artinya gangguan pada mental berat yang mengakibatkan seseorang menjadi gila.tidak bisa membedakan realita dengan yang tidak. Yang kedua stres disorder yang mana seseorang mengalami pascatraumatic dimana ia mengalami peristiwa mengerikan/penyiksaan atau tindakan yang tidak menyenangkan dengan contoh kekerasan seksual.ini salah satu stres berat yang cukup lama dalam pemulihannya karna penderita selalu merasa cemas khawatir teringat akan kejadian yang pernah menimpanya.

“Saya berharap kepada siswa – siswi SMPN 1 mekar baru ini untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME serta selalu belajar dengan rajin,berfikir positif dan sempatkan waktu luang untuk membantu kedua orang tua. Karna harapan kami adik -adik inilah nanti yang akan menjadi generasi penerus bangsa.”Tutupnya”.

Sementara, Abdul Hamid Kepala sekolah SMPN 1 Mekar Baru mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen satgas TMMD non fisik 114 Kodim 0510/Trs yang memberikan penyuluhan kepada para siswa dan siswi, sehingga lebih baik lagi untuk kedepannya.(sumber kodim 0510/Trs).