oleh

Dinas kesehatan kabupaten Pandeglang adakan cek kesehatan Calon Jemaah Haji

BARAKNEWS.COM, PANDEGLANG—– Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pandeglang kurang lebih 840 orang, saat ini tengah melengkapi semua persyaratan untuk pemberangkatan. Salah satu yang menjadi syarat, yaitu masalah kesehatan.

Para CJH melakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikan kesiapan berangkat menuju tanah suci, pemeriksaaan kesehatan wajib dilakukan untuk menentukan jamaah dalam keadaan sehat.

Sedangkan vaksin meningitis dan influenza sangat dianjurkan kepada semua CJH, agar mendapatkan kesehatan tubuh yang prima dalam beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia ini nantinya.

Untuk tes kesehatan itu sudah menjadi ketentuan bagi CJH dan sangat dianjurkan, bagi CJH yang belum melakukan pemeriksaan segera datang ke Puskesmas terdekat. Serta melaksanakan pemberian vaksin. Sehingga, para CJH dapat menjaga kesehatannya sebelum keberangkatan haji pada Agustus mendatang.

Kepala bidang (Kabid) pencegahan dan pengendalian penyakit Kabupaten Pandeglang, Dr. Kodiat juarsa mengatakan kepada awak media. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan pelayanan pemeriksaan kesehatan jamaah haji, tahap ke dua atau lanjutan se_kabupaten kurang lebih 840 orang jamaah haji.

Pemeriksaan ini terbagi enam titik diantaranya adalah, Kecamatan Jiput ini berada di titik ke tiga. Pertama di Kecamatan Cibaliung, ke dua kemaren di Kecamatan Panimbang dan sekarang di jiput. CJH di Kecamatan jiput ini ada sekitar 130 orang jemaah haji, terdiri dari beberapa kecamatan dan di pusatkan di puskesmas jiput.

Cek kesehatan ini adalah wajib dari pusatnya, setiap yang akan berangkat haji harus melalui tahapan-tahapan yang pertama di puskesmas. Tahap ke dua pemeriksaan lanjutan yang di kordinir oleh Dinas Kesehatan di lakukan vaksinasi meningitis, jika jamaah tidak mau melaksanakan tahapan pemeriksaan. Maka jamaah bisa tidak berangkat di tahan di bandara Soekarno Hatta.

Karena itu udah ada cirinya, selain Vaksinasi ada pemeriksaan lanjutan jika ada di temukan yang sakit yang perlu dokter spesialis kita rujuk, atau harus rutin minum obat. Maksudnya Dinas Kesehatan atau puskesmas bermaksud mengawal, agar semua jemaah haji berangkat ke tanah suci sehat layak menurut kesepakatan.

Kalau kami bukan untuk mempersulit, tapi justru membantu cek kesehatan. Jika pada sehat ya alhamdulillah dan bila ada yang sakit  kita obati asal minum obat dengan rutin, agar nanti kondisinya bisa lebih baik sehingga bisa berangkat ketanah suci dengan kondisi badan sehat.

Di tempat yang sama kabag TU puskesmas jiput, Mila Rahayu. SG.z merasa senang. Dengan adanya kegiatan cek kesehatan jemaah haji Pandeglang di puskesmas jiput.

Menurutnya, kegiatan cek kesehatan lanjutan jemaah haji ini di adakan di jiput. Biasanya kan di Labuan atau di Menes itukan puskesmas yang sudah terkenal, itung-itung promosi.

Tenaga puskesmas jiput kami perbantukan lima Orang, bahkan sudah banyak TKI. Termasuk ada satu orang tenaga kita Pak H. Andri yang akan berangkat, jika di perbantukan semua tenaga kita nanti pasien kita gak ada yang melayani,”tutup Mila. (RIZ)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Baraknews.com merupakan Portal Informasi dan Promosi dengan menjunjung tinggi kode Etik Jurnalistik

Komentar

News Feed