oleh

Kampung Baduy Dikunjungi Oleh Pangdam III/Siliwangi

BERITA BANTEN – Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi di dampingi istri beserta rombongan meninggalkan Dodiklatpur Ciuyah di kabupaten Lebak provinsi Banten pada pukul 13.00 WIB,menuju Ciboleger Suku Adat Baduy.

Rombongan Pangdam III/Siliwangi tiba diterminal Ciboleger (Wisata Baduy),pukul 14.15 WIB, yaitu di kampung Ciboleger desa Kanekes kecamatan Leuwidamar kabupaten Lebak provinsi Banten dalam keadaan aman.

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi disambut oleh Jaro Saija yang didampingi Ayah Mursyid kasepuhan Baduy, “ Pangdam beserta istri langsung menuju rumah adat Kajaroan Baduy dan langsung diberikan cindra mata berupa pengalungan selendang Adat Baduy.

Dalam kesempatan tersebut, Saija Jaro Kanekes memberikan sambutan, Ia mengucapkan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan telah bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Baduy.

“Mohon maaf apabila dalam sambutan yang kami berikan kurang bagus dan berkenan di hati bapak-ibu sekalian yang ada disini “ Katanya, Jum’at (17/1/2020).

Phaknya memaparkan, bahwa suku Baduy terdiri dari 68 Kampung,68 Rt,serta ada 13.200 jiwa yang menjalankan kehidupan diwilayah Baduy,baik suku Baduy dalam ataupun luar. Adapun jarak tempuh dari Baduy luar ke Baduy dalam yaitu sepanjang 25 KM, dengan waktu tempuh sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

“Kami berharap kepada Bapak Pangdam III/Siliwangi dilain waktu bisa berkunjung lagi ke Suku Baduy dalam,” Harap Jaro Saija.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI.Nugroho Budi Wiryanto,juga memberikan sambutan yang merasa bangga dan terhormat datang ke Suku Baduy disambut dengan upacara adat yang sangat luar biasa.

“Indoneaia itu memang beragam dengan Budaya dan Budaya Baduy ini adalah bagian dari kita. Selaku Kodam III/Siliwangi,saya mengajak kesemua lapisan elemen masyaralat bahwa ini yang harus kita lestarikan dan hormati,”Kata Pangdam III/Siliwangi.

Selanjutanya masih kata Pangdam tentunya kami yang datang kesini dari berbagai wilayah yang berada di Negara Indonesia dari sabang sampai maroke.

“Marilah kita dengan berbeda-beda suku dan budaya ini menjadikan keeratan kekeluargaan kita selaku masyarakat dan bangsa Indonesia,”tandasnya.

Dilanjutkannya, apa bila dari Suku Baduy ada yang akan berkunjung ke Kodam III/Siliwangi saya sangat senang dan terbuka dan akan kami fasilitasi oleh Danrem Serang dan Dandim Lebak.

“Tentunya Suku Baduy adalah bagian dari kita masyarakat Indonesia,maka apabila masyarakat Suku Baduy,yang akan mendaftarkan diri untuk menjadi anggota TNI atau Polri sangat bisa karena Suku Baduy adalah NKRI, tentunya saya sampaikan terimaksih banyak atas sambutan yang luar biasa ini,” Ungkapnya.

Diakhir sambutan Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan dipersilahkan untuk menikmati makanan khas Suku Baduy,yang telah disediakan,usai makan panglima dan rombongan dipersilahkan untuk melihat-lihat kerajinan tangan Suku Baduy yang berada di rumah adat Kejaroan Suku Baduy.

Diacara tersebut turut hadir, Saija Jaro Kanekes Baduy, Ayah Mursyid Sesepuh Baduy, Mayor Cpm Cepi Subagio Dandem Pom 34/Serang, Kapten Arm M. Basori Pasi Intel Kodim 0603/Lebak, Kapten. Inf D.A. Sujana Danramil 0306/Leuwidamar, AKP. Malik Abrraham Kapolsek Leuwidamar, Agus Sukanta Atmaja SH.Camat Leuwidamar.

Pada pukul.16.26 Wib, Pangadam III/Siliwangi dan istri besrta rombongan pulang meninggalkan Kejaroan rumah adat Suku Baduy. (Yung)

Komentar

News Feed