oleh

Ketum PPSI Pandeglang Minta Pemkab Kembangkan Potensi Seni Pencak Silat

Berita Kab. Pandeglang – Ketua Umum Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Pandeglang, Defit Tanfidiyah mengatakan. Bahwa meminta Pemerintah Kabupaten (Pemda) Pandeglang agar lebih mengembangkan potensi seni pencak silat. Karena menurut Defit, saat ini pencak silat di Kabupaten Pandeglang terancam pudar.

Maka dari itu, kami pengurus PPSI Pandeglang meminta kepada Pemerintah daerah agar seni pencak silat ini lebih dikembangkan. Demikian disampaikan Ketua Umum PPSI Kabupaten Pandeglang, Defit Tanfidiyah saat melakukan pertemuan dengan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang di Ruang Pintar, Rabu (26/8/2020).

“Alhamdulilah kami telah berbicara dengan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang dan mereka sangat merespon sekali, Pemkab Pandeglang akan membantu untuk lebih mengembangkan seni pencak silat di Kabupaten Pandeglang. Tentunya ini yang sangat kami harapan, karena pencak silat merupakan warisan budaya leluhur kita yang harus di lestarikan.” Tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya bersama para pengurus PPSI bertekad untuk terus memajukan seni pencak silat di Kabupaten Pandeglang. Seni budaya pencak silat harus tumbuh subur dan di minati oleh seluruh kalangan masyarakat, kehadiran PPSI sebagai wadah berkumpulnya para pendekar silat di Kabupaten Pandeglang.

“Semoga kehadiran kami dapat melahirkan para generasi muda yang memiliki prestasi, sehingga dapat mengharumkan nama Pandeglang di kancah nasional maupun internasional,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pandeglang. Tanto Warsono Arban mengatakan, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk mengembangkan seni pencak silat. Karena pencak silat merupakan seni bela diri yang memiliki nilai-nilai filosofi, moral, ahlak dan nilai keagamaan. Olehkarena itu, sudah sepatutnya seni pencak silat ini kita kembangkan dan lestarikan, kata Tanto.

Lebih lanjut Ia mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keberadaan PPSI di Kabupaten Pandeglang. Adapun sebagai bentuk upaya mengembangkan potensi seni pencak silat, Pemkab Pandeglang akan mencoba mengkolaborasikan seni budaya ini dengan destinasi wisata. Karena kabupaten pandeglang sendiri banyak tempat wisata.

“Sangat cocok sekali jika kita kombinasikan antara tourism bisnis dan seni budaya, jadi wisata yang berbudaya, yang pada intinya adalah. Dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang,” terangnya.

Jurnalis     :   Riz

News Feed