oleh

Putus Mata Rantai Covid -19, Dinkes Gelar Rapid Test Drive Thru

Berita Kab. Pandeglang – Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Covid -19 dan Dinkes Provinsi Banten. Menggelar Rapid test Drive Thru yang dilaksanakan di depan masjid Agung Ar-Rahman, Rabu (8/7/2020).

Dalam kegiatan Rapid tes tersebut, semua kendaraan yang melintas baik roda dua maupun roda empat tak luput dari sasaran para petugas kesehatan untuk dilakukan tes rapid.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Dewi Setiani mengatakan. Bahwa kegiatan Rapid Test Drive Thru ini dilakukan berkat kerjasama antara Dinkes Kabupaten Pandeglang, tim gugus tugas covid-19 dan Dinkes Pemprov Banten. Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19) di Kabupaten Pandeglang.

Program rapid test massal drive thru ini, akan dilaksanakan selama lima hari secara gratis. Dengan target satu hari itu mencapai seribu orang, lima hari berarti lima ribu orang. Kegiatan ini tentunya sangat baik, jadi harus betul-betul di manfaatkan oleh masyarakat. Sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19 sedini mungkin, karena wabah corona ini penularanya yang sangat cepat dan tidak bisa diketahui,”tuturnya.

Ia menambahkan, adapun bagi masyarakat yang sudah melakukan test rapid ini. Hasilnya nanti akan dilaporkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten secepat mungkin.

“Setelah kami menerima data hasil test dari Dinkes Provinsi Banten, kita akan langsung menindaklanjuti. Mudah-mudahan hasil test rapid ini banyak yang negatif, “terangnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Pandrglang, Pery Hasanudin mengatakan. Yang hadir dalam kegiatan rapid test tersebut, dalam kondisi pandemik Covid-19. Sebagian masih ada saja warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker. Ini berarti tingkat kesadaran masyarakat di nilai masih kurang. Padahal wabah corona ini sangat berbahaya, kata Pery.

Lanjutnya, penanganan Covid-19 ini. Bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja. Akan tetapi dibutuhkan kerjasama dan tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat sendiri.

“Pemerintah terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan melakukan aksi sosialisasi dan edukasi. Penyebaran covid-19 tidak akan selesai jika kita tidak ada rasa peduli. Oleh karena itu, mari kita bahu-membahu saling mendukung satu sama lain agar covid ini segera berakhir”. Ujarnya. RIZ

News Feed