oleh

Tim Gabungan Pemprov Banten Terjun Tangani Banjir

BERITA BANTEN – Pemerintah Provinsi Banten terjunkan personel gabungan tangani dampak banjir di sejumlah kabupaten/kota di wilayahnya. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah provinsi ( Pemprov) Banten mengerahkan sumber daya dan sarana yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dijelaskan Kepala BPBD Banten Kusmayadi, personel yang terlibat dalam penanganan dampak banjir di wilayah Serang beberapa hari lalu antara lain, BPBD Kabupaten Serang, Kodim 0602 Serang, Polres Serang, Pemerintah Kecamatan, Koramil Kragilan, Kibin dan Ciruas, pemerintah desa, PMI Kabupaten Serang, Tagana Serang, RAPI Serang, dan masyarakat.”Mereka bergotong royong, bahu-membahu dengan aparat untuk menangani dampak banjir,” Ungkapnya.

Adapun langkah yang dilakukan aparat bersama masyarakat, lanjut Kusmayadi, membuka drainase/selokan untuk jalan air, penyedotan air dengan menggunakan alkon, pembuatan saluran dan penutupan jalur air, aktivasi dapur umum di Bumi Ciruas Permai 2 dan Desa Ketos Kecamatan Kibin, pengiriman bantuan karung untuk pembuatan tanggul dan logistik ke Kecamatan Tanara, memberangkatkan personel untuk asesmen dan bantuan logistik ke Desa Sukajaya Kecamatan Pontang, dan pengiriman tenda pengungsi ke Bumi Ciruas Permai 2.

“Kami juga melakukan berbagai langkah penanganan, seperti evakuasi warga terdampak, pengiriman alkon untuk penyedotan air di perumahan, pengiriman perahu untuk proses evakuasi, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, pemenuhan kebutuhan mendesak berupa pengiriman bantuan logistik, dan pengiriman unit damkar untuk penyedotan air,” Kata Kusmayadi.

Sementara, sumber daya sarana yang dikerahkan untuk menangani dampak banjir adalah ranger, pikap, 4 unit alkon, 3 unit perahu evakuasi, ambulans, unit klx, damkar dan 1 unit beko. “Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang turut andil dalam membantu penanganan dampak banjir di Banten,” Ujar Kusmayadi.

Berdasarkan data dari BPBD Provinsi Banten, daerah yang terdampak banjir adalah Kelurahan Gebang Raya, Periuk Jaya, Periuk dan Keluarahan Sangiang Jaya di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Kemudian, di Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang

Daerah lain yang juga terkena banjir di Kota Tangerang, yaitu Kelurahan Jurumudi, Pajang, Benda dan Jurumudi Baru, di Kecamatan Benda; Kelurahan Jatake di Kecamatan Jatiuwung, beberapa kelurahan di Kecamatan Karawaci, Tangerang, dan Karang Tengah.

Sementara di Kabupaten Serang terdapat belasan desa di sejumlah kecamatan yang terdampak banjir. Desa-desa tersebut antara lain, Ranjeng, Pelawad, Citeureup, Singamerta, Bumijaya dan Cigelam di Kecamatan Ciruas; Desa Ketos, Sukamaju dan Desa Ciagel di Kecamatan Kibin; Desa Kragilan, Sentul dan Jeruk Tipis di Kecamatan Kragilan; Desa Lempuyang dan Desa Carenang di Kecamatan Tanara; Desa Walikukun di Kecamatan Carenang dan Desa Sukajaya Kecamatan Pontang. (Yung)

PRESS RELEASE HUMAS PEMPROV BANTEN

Komentar

News Feed