oleh

Bupati Bima Buka Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan

BERITA KAB.BIMA (NTB) —- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE membuka secara remi kegiatan Workshop Peningkatan mutu pendidikan tingkat Kabupaten Bima melalui Kemitraan Program Literasi Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( APKASI). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin ( 9/9) di SKB Bolo yang dihadiri oleh Para guru , Kepala UPT dan pengawas Se – Kabupaten Bima, Kepala Dinas DIkbudpora Kabupaten Bima beserta jajaranya, serta para pengurus  YPAN dan APKASI.

Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaiddin, S.Sos, MM dalam pengantar bahwa  peningkatan mutu pendidik adalah sudah menjadi suatu keharusan dan jangan sampai tenaga pendidik tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.”Pendidikan itu sifatnya dinamis, sehingga akan selalu berubah dari masa ke masa. Sebagai tenaga pendidik kita tidak bisa berdiam diri, sehingga harus mampu meningkatkan mutu dan kompetensi diri untuk bisa memberikan yang terbaik kepada anak didik,” para guru dituntut tidak hanya mampu meningkatkan kecerdasan intelektual siswa dan mentransfer ilmu, tetapi juga harus mampu menciptakan karakter baik bagi para siswanya. Jumlah  guru , Kepala UPT dan pengawas Se – Kabupaten Bima diikuti sebanyak 1.114 orang, dari kegiatan tersebut dilakukan sebanyak 4 angkatan secara bertahap mulai dari tanggal 9 s/d 14 September 2019. Untuk tahap pertama ini diikuti oleh 307 orang dimana mereka ini akan diberikan pengarahan tatacara memberikan mata pelajaran yang baik dan benar serta tidak membosankan bagi para peserta didik.

Sementara itu menurut H. Adi Irawan perwakilan dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia menyampaikan bahwa   salah satu Asosiasi yang bergerak dalam rangka memberikan metode pembelajaran yang baik terhadap para guru pendidik, sehingga dari kegiatan ini diharapkan para guru dapat memberikan metode yang baik dan benar khusus bagi generai muda dalam mengenyam pendidikan.

Oleh karena itu keberadaan seorang guru memiliki peranan penting dalam rangka menentukan maju dan mundurnya pendidikan di tanah air, dimana “Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai – nilai yang diinginkan. Dari dimensi tersebut, peranan guru sulit digantikan oleh yang lain”. Maka dari itu alangkah baiknya dan seharusnya guru memiliki sikap dan sifat yang baik agar para siswa yang diajarnya dapat meniru dan mencontoh perilaku-perilaku baik tersebut. Dengan kata lain guru harus memiliki kualitas yang baik untuk menjadikan pendidikan lebih bermutu

.Guru bukan hanya mampu memberikan pelajaran tentang materi di dalam kelas namun guru juga harus memiliki kepribadian yang baik untuk diteladani oleh siswanya. Dengan kepribadian yang baik tersebut nantinya akan memberikan dampak positif terhadap sikap dan perilaku siswa disekolah. Guru juga harus mampu memilih metode atau pembelajaran seperti apa yang pas untuk anak didik mereka. Tidak memaksa namun perlahan membuat anak didik menyukai cara belajar yang diterapkan

Dijabarkan pula bahwa Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan ini, kami juga melakukan kerjasama dengan yayasan Pendidikan Adiluhung yang sangat memperhatikan pentingnya dedikasi guru sebagai sosok yang mampu menginspirasi para siswa memiliki cita-cita, mimpi dan semangat belajar

Kegiatan Worshop ini akan mampu membuka pikiran para guru. Mereka seolah mendapat pencerahan dan memahami bahwa banyak kekurangan pada dirinya selama menjadi pendidik. Meski sudah 25 tahun mengajar, tetapi para guru menyadari mereka harus meningkatkan kemampuan dan kualitas. “Apa yang disampaikan menjadi bekal bagi kami untuk membawa perubahan pada anak didik. Selama mengikuti pelatihan, saya makin menyadari banyak kekurangan sebagai guru. marilah kita sebagai guru mendidik anak-anak dengan baik dan sebagai amal kita,” tuturnya. 

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam arahan menyampaikan bahwa, Workshop peningkatan mutu pendidikan memiliki makna strategis guna mewujudkan dunia pendidikan yang mampu membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif, yang berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal serta global.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. kemampuan literasi merupakan hak setiap orang dan merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat.  Penyelenggaraan kegiatan ini sungguh patut diapresiasi karena memiliki nafas yang berselaras dengan visi HANDAL serta akan menjadi bagian dari langkah besar kita kedepan; menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Oleh karena itu, saya berpesan kepada segenap Tutor / Fasilitator agar secara tulus ikhlas menempa seluruh peserta, mentransformasikan wawasan dan ilmu hingga pada waktunya nanti dapat menjadi referensi yang memaksimalisasi proses pendidikan dan pembinaan pada para siswa; civitas pendidikan memiliki pengertain mendalam tentang fungsi atau kegunaan media pendidikan,sanggup memanfaatkan media pendidikan secara tepat dalam interaksi belaja mengajar, membuat media yang sederhana dan mudah serta memilih media yang tepat sesuai dengan tujuan dan isi materi yang akan diajarkan.

Kepada segenap peserta, saya berharap agar mengikuti seluruh rangkaian workshop dengan penuh kesungguhan , disiplin dan patuh dalam menerima segala bentuk instruksi dan ilmu yang diberikan para Tutor / Fasilitator. (Rahim)

Komentar

News Feed