oleh

TP. PKK Kecamatan Lambu, Juara Lomba Cipta Menu Beragam

BERITA KAB.BIMA (NTB) —– Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman ( B2SA) berbasis Sumber Daya Lokal antar TP. PKK Kecamatan bertema “ Pangan Beragam Untuk Generasi Yang Cerdas” yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Ketahanan Pangan dan TP. PKK Kabupaten Bima yang dilangsungkan di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima pada hari Selasa ( 20/8) TP. PKK Kecamatan Lambu meraih Juara 1 pada Lomba Cipta Menu Beragam dan mendapatkan uang pembinaan 5 juta pada lomba tersebut.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima, Khairul  Munir, SP usai lomba mengatakan TP. PKK Kecamatan Lambu menyajikan paduan menu nasi tiga ubi, rending jantung pisang, sate tempe acem dan pie ikan tersebut berhasil memikat para juri lomba yang mengusung secara ketat criteria standar harga, keaslian bahan panganlokal, mudah dijumpai, pengganti nasi dengan tiga pilihan (jagung, ubi, singkong, ), sayuran komoditi unggulan dan berbahan ikan.

Untuk juara II diraih TP. PKK Kecamatan Sape dan mendapatkan hadiah Rp. 4 juta, juara III diraih oleh TP. PKK Kecamatan Donggo dan berhak membawa pulang uang pembinaan Rp. 3 Juta, untuk juara harapan 1 diraih oleh TP. PKK Kecamatan Wera dan mendapatkan uang pembinaan Rp. 2 Juta, disusul TP. PKK Kecamatan Monta sebagai juara harapan II dengan hadoah 1,5 juta dan TP. PKK Kecamatan Woha pada juara harapan III dengan hadiah RP. 1,25 juta.

Selain itu Tim juri juga menetapkan TP. PKK Kecamatan Madapangga meraih juara Favorit pada lomba tahun ini dan mendapatkan hadiah Rp. 1,25 juta. Disamping itu para juara juga mendapatkan hadiah piala dan piagam peghargaan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Ir. Syaifudin, mengatakan bahwa lomba tahun ini melibatkan tim juri yang berasal dari unsur TP. PKK Kabupaten Bima, Ahli Gizi dan Ahli Kuliner, dan untuk format lomba tahun ini secara utuh menerapkan pola yang telah ditetapkan pada lomba secara Nasional. Dan hal iniakan memperkaya materi Tim Kabupaten Bima sebagai duta Provinsi NTB yang akan mengikuti lomba yang sama pada tingkat Nasional  dalam rangka Memperingati Hari Pangan Sedunia yang diselenggarakan di Kota Kendari bulan Oktober.\

Lanjutnya, pada tahun ini katagori yang dilombakan yaitu Display Paket Lengkap makan siang ( lunchbox)  B2SA  merupakan salah satu dari tiga klaster yaitu klaster serelia, klaster sagu, dan kalster umbi – umbian yang disesuaikan dengan potensi pangan masing –masing wilayah. (Rahim)

Komentar

News Feed