oleh

Bupati Ciamis Launching NIPD Bagi Perangkat Desa, Ini Manfaatnya

Baraknews CIAMIS*, – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melaunching Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) bagi seluruh perangkat Desa di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan launching tersebut dilaksanakan di Gedung KH. Irfan Hielmy, Kamis (09/11) dan dihadiri oleh seluruh kepala Desa dan perwakila perangkat desa se Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis menyerahkan NIPD tersebut secara simbolis kepada lima perwakila perangkat Desa.

Sebagaimana dikutif dari puskominfo-ppdi.or.id bahwa NIPD ini bermanfaat untuk menginventarisasi jumlah perangkat desa di Indonesia sebagai mana yang selama ini diperjuangkan oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

Dengan adanya NIPD secara nasional, pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengetahui secara spesifik berapa banyak perangkat desa yang ada di Indonesia. Dan ketika sudah diketahui jumlah pasti dari perangkat desa, tentu akan bisa digunakan sebagai acuan dalam pengajuan alokasi anggaran untuk pemberian penghasilan tetap yang bersumber dari APBN langsung.

Sebagaimana diketahui penghasilan tetap perangkat desa selama ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang kemudian disalurkan lewat ADD (Alokasi Dana Desa) dengan rumus tertentu, sedangkan dalam pengalokasiannya Pemerintah Pusat tidak tahu berapa jumlah anggaran untuk penghasilan tetap perangkat desa.

Melalui penerbitan NIPD, Pemerintah Pusat bisa langsung mengajukan nominal pasti, berapa anggaran sebagai pemberian penghasilan tetap perangkat desa yang bisa disalurkan lewat APBN.

Bupati Ciamis berharap dengan telah dilaunching dan diterimanya NIPD dapat menambah semangat dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Desa.

‚ÄúSemoga dapat menambah semangat, serta selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati menuturkan selama ini PPDI terus mendesak untuk diluncurkannya NIPD ini, dan pada tahun ini baru dapat terealisasi.

“NIPD intinya kades beserta perangkat desa jangan kalah oleh LSM, harus mempunyai kartu anggota mudah-mudahan memberikan dampak positif bisa menambah semangat dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai kades maupun perangkat desa,” harapnya.

Diketahui selain launching NIPD dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa.

*PROKOPIM CIAMIS* No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten