oleh

Percepat Pencegahan Stunting, Pemkab Ciamis Gelar Rembug Stunting dengan Lintas Sektoral

Berita Ciamis — — Dalam rangka akselerasi penurunan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)menyelenggarkan Rakor Rembuk Stunting dengan melibatkan intansi lintas sektoral yang dilaksanakan di Aula Sekretariat Daerah, Selasa, (30/6/ 2020).

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyampaikan, Rakor Rembuk Stunting ini guna membangun kapasitas dan komitmen mendukung upaya percepatan pencegahan dan penanganan stunting (gagal tumbuh) terintegrasi di Kabupaten Ciamis.

Komitmen untuk mendukung percepatan pencegahan stunting perlu dibangun secara bersama, baik dari unsur Pemerintahan, individu masyarakat ataupun lembaga kemasyarakatan,” katanya.

Menurutnya, permasalahan stunting di Kabupaten Ciamis bukan hanya semata permasalahan Ibu dan anak saja, namun ini juga merupakan permasalah kita bersama yang harus segera di atasi.

“Pola asuh dan pola asupan gizi yang buruk dapat menyebabkan anak kurang tinggi/kerdil ataupun gizi buruk, maka Pemerintah merumuskan 8 aksi integrasi dalam penanganan Stunting yang juga melibatkan 23 kementerian,” imbuh Yana.

Yana menerangkan. Pemerintah Daerah konsisten dalam memberikan penyuluhan terkait pola asuh dan faktor yang mempengaruhi Stunting, selain peningkatan gizi ibu hamil dan balita 1000 hari kehidupan.

“Saya berharap tingkat stunting ini di 3 (Tiga) tahun kedepan sudah dapat teratasi, ucapnya.

Hasil kegiatan Rembuk Stunting ini nantinya dapat menjadi dasar gerakan penurunan stunting di Kabupaten Ciamis melalui integrasi program yang dilakukan antar perangkat daerah, penanggung jawab layanan dan partisipasi masyarakat.

Sehingga penurunan stunting di Kabupaten Ciamis dapat terwujud dan mari kita semua menyerukan dan mengkampanyeukan dengan tagar ” #CegahStuntingKitaPastiBisa, ” Tegasnya

Diakhir kegiatan Wabup Yana beserta Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis  menandatangani naskah berita acara komitmen bersama tentang percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ciamis Tahun 2020.

Kegiatan selanjutnya Wabup Ciamis Yana D. Putra beserta Ketua TP. PKK Kabupaten Ciamis turut menandatangani naskah berita acara komitmen bersama tentang percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ciamis Tahun 2020.(jepri/humas) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Komentar