oleh

Kapolres Ciamis Bersama Dandim 0613/Ciamis menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana tingkat Kabupaten Ciamis

Berita Polres Ciamis – Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi, S.I.K., M.Sc.Eng., bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana tingkat Kabupaten Ciamis. Apel tersebut digelar di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (29/11/2021).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dan diikuti oleh puluhan personel gabungan kebencanaan. Mereka yang terlibat diantaranya BPBD Kabupaten Ciamis, Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, DPRKPLH Kabupaten Ciamis, PMI Kabupaten Ciamis, Damkar dan RAPI Kabupaten Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi, S.I.K., M.Sc.Eng., melalui Kasat Samapta Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman, S.IP., mengatakan, kehadiran anggota Polres Ciamis dalam rangka wujud sinergitas Polri bersama instansi terkait dalam penanganan kebencanaan. Ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan koordinasi dalam penanganan kebebncanaan.

“Ini bagian upaya kita bersama mempersiapkan kesiapan dan kesigapan dalam menghadapi bencana alam. Serta tentunya untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar instasi terkait dalam penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Ciamis,” kata AKP Cecep.

Sementara itu, Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika awal musim hujan terjadu antara bulan September 2021 sampai dengan Februari 2022. Sehingga terdapat potensi ancaman bahaya bencana hidrometeorologi seperti bencana banjir, tanah longsor pergerakan tanah dan angin kencang.

“Diperlukan adanya upaya kesiapsiagaan dan langkah-langkah yang sinergitas di antara semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat guna mengantisipasi dampak bencana yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis,” kata Bupati.

Bupati Ciamis menekankan bahwa penanggulangan bencana merupakan tugas dan tanggung jawab bukan hanya bagi pemerintah namun juga bagi swasta maupun masyarakat.

“Untuk itu diharapkan agar kita secara bersama-sama dapat melakukan penanggulangan bencana dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko bencana yang terjadi,” pungkasnya.

Usai apel, Kapolres dan Dandim 0613/Ciamis mendampingi Bupati Ciamis menyaksikan simulasi penanggulangan bencana dan dilanjutkan meninjau sarana prasarana.

News Feed