oleh

Langgar di Jalan Raya, Jajaran Sat Lantas Polres Majalengka Tertibkan Kendaraan Odong Odong

Berita Polres Majalengka, Jajaran Satuan Lalulintas Polres Majalengka menindak lanjuti maraknya keberadaan odong-odong yang dinilai mengganggu dan melanggar aturan di jalan raya, kendaraan odong-odong yang tengah melintas di Jalan raya langsung ditindak dan diamankan ke Polres Majalengka pada Sabtu (11/12/2021).

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Ngadiman menyampaiakan bahwa jajaran Sat Lantas Polres Majalengka menindak para pelanggar lalulintas yang mengganggu ketertiban dan kelancaran arus lalulintas sesuai undang-undang yang berlaku.

“ Jajaran Sat Lantas Polres Majalengka dalam rangka penindakan kendaraan odong-odong sebanyak satu unit kendaraan odong odong diamankan di Polres Majalengka dinilai tidak memenuhi standar keamanan kendaraan bermotor, serta kenyamanan pengendara bermotor lainnya dan keselamatan penumpangnya.

Kasat lantas menjelaskan pihaknya melakukan penindakan terhadap angkutan odong-odong yang sedang beroperasi di wilayah hukum Polres Majalengka dan memberikan pemahaman kepada para pemilik odong-odong terutama supir agar seyogyanya memikirkan keselamatan penumpang.

Kasat Lantas menghimbau bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan dan mengoperasionalkannya di jalan umum dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, melanggar UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Kami melaksanakan himbauan pendekatan kepada pemilik pemilik dan pengemudi odong odong agar tidak mengoperasionalkan di jalan raya karena kereta odong-odong hanya boleh beroperasi di tempat wisata”, jelas Kasat Lantas.

Lebih lanjut Kasat lantas memaparkan bahwa apabila nantinya ditemukan odong-odong beroperasi dijalan akan dilakukan penindakan tegas melakukan penyitaan kereta odong odong tersebut.

“Kita juga melakukan upaya pendekatan kepada bengkel / pembuat kereta odong-odong untuk tidak membuat lagi kereta odong odong yang dioperasionalkan di jalan raya, kalau terbukti masih membuat kendaraan kereta odong odong yang tidak laik, akan ditindak sesuai dengan UU yang berlaku”, pungkasnya.

News Feed