Personel Satuan Polairud Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan pengamanan kawasan obyek wisata Pantai Pangandaran

Berita Pangandaran – Personel Satuan Polairud Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan pengamanan kawasan obyek wisata Pantai Pangandaran. Pengamanan kali ini dalam rangka cipta kondisi libur Tahun Baru 2022.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian operasi lilin lodaya 2021 tingkat Polres Ciamis. Kegiatan ini, Sat Polairud Polres Ciamis bersinergi bersama BKO Dit Polairud Polda Jabar dan anggota Balawista/lifeguard Pangandaran.

Kasat Polairud Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman wisatawan yang menikmati liburannya di kawasan Pantai Pangandaran. “Pengamanan ini merupakan rutinitas kami Sat Polairud Polres Ciamis di kawasan Pantai Pangandaran. Karena ini bagian dari pada tupoksi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” katanya, Minggu (2 Januari 2022).

AKP Sugianto menambahkan, pengamanan kali pihaknya juga turut serta membantu anak-anak yang terpisah dengan orang tuanya. Mengingat kepadatan pengunjung membuat terpisahnya anak cukup tinggi terjadi.

“Sampai saat ini, sebanyak tiga orang anak yang terpisah dari pantauan orang tuanya dan sudah kami pertemukan kembali. Kami minta kepada para orang tua untuk tetap selalu memperhatikan anak-anaknya agar tidak hilang dari pandangannya. Mengingat cukup banyaknya pengunjung yang datang berwisata di Pantai Pangandaran sehingga anak tidak tersesat saat bermain di Pantai Pangandaran,” katanya.

Selain pengamanan, kata AKP Sugianto, petugas juga mengingatkan kembali kepada wisatawan dan pelaku usaha wisata agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebab Tahun Baru 2022 ini masih dalam situasi pandemi.

“Kami ingatkan operasi lilin lodaya 2021 ini dilakukan untuk antisipasi timbulnya gelombang ketiga penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Untuk itu kami minta agar masyarakat ikut serta berperan aktif dalam pencegahan Covid-19,” katanya.

AKP Sugianto menambahkan, para personel Sat Pol Air Polres Ciamis menyampaikan imbauan kepada warga masyarakat untuk selalu mematuhi rambu-rambu yang ada di pantai. Seperti tidak melakukan kegiatan renang di area terlarang dan senantiasa menggunakan alat keselamatan.

”Kami minta agar wisatawan mematuhi rambu-rambu pantai yang ada apabila melakukan aktivitas berenang. Saat berenang gunakan alat keselamatan berupa papan selancar atau Boogie boat untuk keselamatan diri,” kata AKP Sugiyanto.

*HUMAS POLRES CIAMIS* No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten