oleh

Polres Ciamis Polda Jabar melalui Satuan Samapta mengikuti pelatihan bersama dalam rangka antisipasi kejadian bencana alam

Berita Polres Ciamis – Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar melalui Satuan Samapta mengikuti pelatihan bersama dalam rangka antisipasi kejadian bencana alam di wilayah hukum Polres Ciamis. Pelatihan bersama ini digelar di Kantor BPBD Kabupaten Ciamis, Jalan RAA Sastrawinata No.3, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021).

Pelatihan ini tidak hanya diikuti oleh anggota Polres Ciamis bersama BPBD Kabupaten Ciamis saja, tetapi instansi dan lembaga terkait lainnya. Seperti Kodim 0613/Ciamis, PMI Kabupaten Ciamis, RAPI Kabupaten Ciamis dan DPRKPLH Kabupaten Ciamis.

Kasat Samapta Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman, S.IP., mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota khususnya Polres Ciamis dalam pelaksanaan kebencanaan. Selain itu juga untuk meningkatkan sinergitas Polri bersama instansi terkait khususnya Kebencanaan sehingga terjalinnya komunikasi yang baik kedepannya.

“Ini bagian upaya kita bersama mempersiapkan kesiapan dan kesigapan dalam menghadapi bencana alam. Serta tentunya untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar instasi terkait dlm penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Ciamis,” katanya.

AKP Cecep menjelaskan, latihan gabungan ini juga untuk mengecek terhadap sarana dan prasarana penunjang kebencaan yang dimiliki masing-masing instansi. Sehingga dapat mengetahui kemampuan alat penunjang tim kebencaan Kabupaten Ciamis dalam penanganan bencana alam.

AKP Cecep berpesan kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam. Mengingat sudah memasuki musim penghujan sehingga potensi terhadap bencana dapat saja terjadi dan tidak bisa dipastikan kapan itu akan terjadi.

“Bagi masyarakat daerah perbukitan di wilayah Kabupaten Ciamis untuk tetap selalu waspada terhadap potensi bencana alam, seperti pohon tumbang atau tanah longsor. Dengan kita waspada, tentunya potensi timbulnya korban jiwa akan bisa dihindarkan,” pungkasnya.

News Feed