oleh

Polda Jatim Gagalkan penyelundupan Benih Lobster Beromset Milyaran Rupiah

Berita Polda Jatim — Subdit IV Tipidter Direktorat reserse kriminal khusus ( Ditreskrimsus) Polda Jatim berhasil mengungkap dan mengamankan dua pelaku penyelundupan benih lobster.Selasa, (15/06/2021).

Dalam konferensi persnya Kabid Humas Polda Jatim Kombes pol Gatot Repli Handoko didampingi Wadirreskrimsus Polda Jatim AKBP Zulham Effendi dan anggotanya mengatakan, bahwa pelaku yang kita amankan untuk sementara ada dua orang.untuk identitas pelakunya yakni WNT (33) dan RA (24) tahun.Semuanya adalah warga Trenggalek Jawa timur.

Hasil pengungkapan dua pelaku tersebut merupakan hasil kerja keras yang telah dilakukan oleh petugas dari Unit IV Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim yang bekerjasama dengan Dinas karantina ikan.

Kedua pelaku dalam menjalankan aksinya memiliki peran yang berbeda.
“Pelaku RA ditangkap saat mengendarai mobil di jalan raya Rejotangan, Tulungagung didalamnya berisi 30.500 benih lobster yang rencananya akan dijual kepada WNT”. Jelasnya.

Pada waktu petugas melakukan pengecekan dan penggeledahan di rumah WNT ternyata ditemukan sebuah gudang sebagai tempat penampungan benih lobster.

Dari hasil penggeledahan tersebut petugas berhasil mengamankan, dua tabung oksigen, 500 benih lobster jenis mutiara, 30,000 benih lobster jenis pasir dan alat alat pendukung lainnya.

“Harga per ekor benih lobster dijual hingga Rp.7000,-.sehingga jika ditotal kita telah mengamankan 1 milyar lebih dari penangkapan terhadap kedua pelaku tersebut,” imbuhnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, maka kedua pelaku akan dijerat dengan pasal 92 Jo pasal 26 ayat (1) UU Nomor 11 tahun 2020, tentang pengelolaan perikanan tanpa ijin, dengan ancaman hukuman selama 8 tahun penjara.(Bry)

News Feed