oleh

Pemkab Ciamis Ikuti Rakor Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Bersama Provinsi Secara Virtual

Berita pemkab.Ciamis— – Pemerintah Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. H Tatang M.Pd mengikuti rapat koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Provinsi Jawa Barat secara Virtual di Sekretariat Satgas Covid Ciamis. Kamis (24/03/2021).

Rapat Koordinasi tersebut diikuti pula oleh Unsur Forkopimda Ciamis, Kepala Bapeda Ciamis, Kepala BPBD Ciamis, Dirut RSUD Ciamis dan para Kepala Daerah se Jawa Barat secara virtual.

Dan dipimpin langsung oleh Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja dengan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Jabar menyampaikan tingkat kesembuhan kasus Covid Jawa Barat diangka 87,37% meningkat dari minggu sebelumnya, tepatnya pada PPKM Mikro 3 minggu ke 2 kesembuhan mengalami penigkatan sebanyak 2,62%.

Sementara tingkat kasus aktif di Jawa Barat diangka 11,38% menurun dari dari minggu sebelumnya sedangkan untuk tingkat kematian akibat Covid 19 di Jawa Barat meningkat 1,24%.

“Untuk Zona resiko Kabupaten Kota di Jawa Barat sebanyak 22 Kabupaten kota berada di Risiko sedang, 5 Kabupaten/kota di risiko rendah dan tidak ada kabupaten/kota yang berada di risiko tinggi,” ucapnya.

Diketahui untuk Kabupaten Ciamis sendiri berdasarkan Data BLC GTN periode tanggal 15 Maret sampai 21 Maret 2021 berada dirisiko Sedang.

Terkait PPKM berskala Mikro Setiawan menuturkan Provinsi Jawa Barat kembali akan memperpanjangnya dari tanggal 23 Maret sampai dengan 5 April 2021 sebagamana dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 443/Kep.151Hukham/2021 tentang perpanjangan keempat pemberlakuan pembatasan sosial sekala Besar proporsional.

Serta surat edaran No 52/KS.02.02/HUKHAM tentang perpanjangan keempat pelaksanaan pembatasan masyarakat dalam penanganancovid 19 di Jawa Barat.

“Dengan PPKM Mikro terdapat peningkatan zona hijau tiap pekannya dan penurunan zona risiko kuning, oranye dan merah, hal ini mengindikasi PPKM Mikro cukup berhasil menekan angka Covid 19 di tingkat Desa /Kelurahan dan tingkatRT,” Jelasnya.

Beliau merekomendasikan kepada seluruh Kepala Daerah di Jawa Barat untuk membuat surat edaranGubernur/Bupati Walikota untuk masyarakat agar tetap tinggal di rumah selama libur panjang tepatnya libur Idul Fitri.

Dan agar mengoptimalkan PPKM Mikro sampai tingkt RT dengan pengawasan dari TNI, POLRI dan SATPOL PP dan pihak-pihak lainya.

Sementara itu terkait vaksinasi Provinsi akan menugaskan Liassion Officer (LO) kepada Kabupaten Kota di Jawa Barat yang bertugas dalam penanganan Covid 19, Pemulihan Ekonomi Daerah dan Koordinasi pemantauan percepatan Vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut Sekda Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang M.Pd mengatakan akan segera melaksanakan segala arahan dan intruksi dari Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 terutama mengenai Perpanjangan kembali PPKM berskala mikro di Kabupaten Ciamis. (JP)

News Feed