oleh

Wabup Ciamis Hadiri Kegiatan Implementasi Program Kampung Sains Cijengjing

Berita Pemkab Ciamis, – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri kegiatan implementasi program kampung sains bertempat di Aula PKBM Bina Nurani Ciamis Desa Cijengjing Ciamis, Selasa (23/11/2021).

Kampung sains merupakan tempat yang digunakan untuk menumbuh kembangkan literasi sains masyarakat dengan mengintegrasikan sebagai disiplin ilmu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala P4TK IPA, Kepala badan riset dan inovasi nasional, Kadisdik Ciamis, kepala yayasan Bina Nurani Ciamis, serta diikuti oleh perwakilan guru IPA Ciamis.

Dalam sambutannya, Wabup Ciamis mengucapkan terimakasih atas ditunjuknya Desa Cijengjing Kecamatan Cijengjing sebagai kampung sains perdana di Kabupaten Ciamis.

“Dengan dijadikanya Desa Cijengjing sebagai kampung sains, hal ini merupakan kepercayaan dan kebanggaan bagi kami pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Ciamis, ” Ucapnya.

Selanjutnya Wabup menyampaikan sebentar lagi masyarakat akan dihadapkan pada revolusi 5.0 yang merupakan suatu keniscayaan yang harus dihadapi.

Menurutnya, dalam menghadapi revolusi tersebut masyarakat harus memiliki keseimbangan antara keimanan dan IPTEK.

“IPTEK harus kita kuasai, jangan terlebih dahulu beranggapan dan memandangnya sulit, justru dengan Ilmu pengetahuan dapat mempermudah pekerjaan kita, ” Ucapnya.

Dijelaskannya, masyarakat harus suka dulu dan merubah stigma sulit terhadap ilmu pengetahuan menjadi suatu yang mudah dan menyenangkan.

“Ketika masyarakat sudah menyukai ilmu pengetahuan insyallah dengan sendirinya masyarakat akan mempelajari sebagai bakal menghadapi perkembangan tehnologi dan industri, ” Jelasnya.

Wabup berharap dengan Kampung sains ini dapat muncul inovasi-inovasi baru yang tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Wabup menyebutkan seluruh SKPD akan berkolaborasi bukan hanya dinas pendidikan saja, sehingga ilmu pengetahuan dan tehnologi yang dikembangkan di sini bisa betul-betul menjadi tehnlogi tepat guna dan bisa menjadi percontoan bagi daerah lain.

Sementara itu, Kepala P4TK IPA, Dr. Eneng Susilawati M.Sc mengatakan program ini khusus dipersembahkan untuk Kabupaten Ciamis melihat respon dan minat yang begitu tinggi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

“Salah satu tujuan program ini yaitu untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah sekaligus menyukseskan program inovasi daerah dan menggali potensi daerah, ” Ucapnya.

Sedangkan untuk pengelolaan, kegiatan dikelola melalui pengembangan potensi daerah dengan cara menggali ilmu sains berbantuan teknologi yang dikemas secara menyenangkan sehingga masyarakat terinpirasi untuk mempelajari dan menerapkan sains secara praktis berbasis tehnologi.(Js)

 

News Feed