oleh

Wabup Ciamis Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji

Berita Kab.Ciamis – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di lingkungan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat bertempat di Aula Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Kamis (18/02/2021).

Selain oleh Wakil Bupati Ciamis Gedung tersebut juga diresmikan dan ditandatangani prasastinya oleh Gubernur Propinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Republik Indonesia Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin M.A.

Diketahui, terdapat delapan gedung di lingkungan Kemenag Jawa Barat yang diresmikan dan ditandatangani secara simbolik pada kesempatan tersebut, untuk Kabupaten Ciamis sendiri terdapat dua KUA Kecamatan yakni KUA Kecamatan Ciamis dan KUA Kecamatan Cisaga.

Wakil Bupati Ciamis dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peresmian penggunaan gedung balai nikah dan manasik haji di Kabupaten Ciamis sebagai bentuk fungsi pelayanan kepada umat.

“Atas nama pribadi dan pemerintahan saya mengapresiasi yang setinggi tingginya atas peresmian penggunaan gedung balai nikah dan manasik haji, yang mana hal itu sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan umat pada umumnya,” Ucap Yana.

Menurutnya, Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan ujung tombak pemerintah dalam melayani masyarakat terutama pelayanan di bidang keagamaan, baik Urusan Pernikahan, Layanan Haji maupun Penyuluhan Agama.

“Ini adalah bentuk optimisme kita mudah-mudahan pertanda baik akan berakhirnya covid 19 di negara kita, serta pelaksanaan keagamaan dapat berjalan normal kembali dan yang tak kalah penting adalah ibadah umrah dan haji segera di buka kembali,” Tuturnya.

Senada dengan Wakil Bupati Ciamis, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyambut gembira atas dirersmikanya gedung-gedung tersebut, Ia mengatakan hal tersebut sebagai kemajuan dan progres yang luar biasa.

Uu mengatakan Kemenag adalah sebagai kader terdepan dalam rangka program-program pemerintah khususnya dalam bidang keagamaan sebagai implementasi dari sila pertama yakni ketuhanan yang maha esa.

“Saya sering menjadi saksi nikah di berbagai daerah di Jawa Barat, salah satu yang dikeluhkan oleh mereka adalah tentang bangunan KUA, oleh karena itu saya menyambut gembira atas beberapa gedung KUA yang telah diresmikan. hal tersebut merupakan kemajuan dan progres yang luar biasa, Ucap Uu.

Sememntara itu Direktur Jendral Bimas Islam Kemenag Republik Indonesia Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin M.A menyampaikan bahwa Kantor KUA memerankan peran yang sangat pundamental tidak hanya dalam pelayanan keagamaan tetapi juga dalam mensukseskan program pemerintah.

“Untuk itu, salah satu program kementrian agama beberapa tahun terakhir termasuk tahun ini dan kedepanya yaitu melakukan revitalisasi terhadap Kantor Urusan Agama se Indonesia, ” jelasnya.

Setelah acara peresmian dan penandatanganan prasasti selesai, dilanjutkan dengan pengguntingan pita di gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Ciamis oleh Direktur Jendral Bimas Islam Kemenag Republik Indonesia Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin M.A.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ciamis, Gubernur Jawa Barat, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Direktur Bina KUA, Kakanwil Kemenag Provinsi Jabar, Kepala Kemenag Ciamis dan Kajari Ciamis.  (Jepri)

News Feed