oleh

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Akan Picu Semangat Para Pelaku UMKM yang Sempat Terhenti

Berita Kota Banjar—Dengan tujuan untuk mensejahterakan pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19, pemerintah  mengadakan kegiatan Webinar yang bertema “Manfaat Program Pemulihan Ekonomi Nasional bagi UMKM Kota Banjar”. Hal tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat Kota Banjar supaya bisa mengembangkan usaha yang sempat terhenti.

Dalam materinya, Dr. H. Ade Setiana, M.Pd menyampaikan beberapa poin penting dari Program PEN, yaitu Program PEN akan menyediakan bantuan berupa modal awal untuk membuka kembali usaha dan tambahan modal usaha serta modal untuk pengembangan usaha. Pemulihan bagi pelaku UMKM di Kota Banjar, yaitu bantuan modal usaha atau jaringan pengaman Ekonomi akan memberikan 1 juta per UMKM yang terdampak secara langsung akibat pandemi Covid-19, mendapatkan fasilitas pemasaran produk UMKM Kota Banjar, dan memfasilitasi seluruh koperasi di Kota Banjar.

Dengan adanya webinar ini diharapkan para pelaku usaha bisa menjalankan kembali usaha mereka yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19, Pemerintah akan terus berupaya membantu untuk kesejahteraan masayarakatnya, terutama dimasa pandemi.

Sedangkan H. Budi Hendrawan. S.Kep., M.AP dalam pemaparan materinya menyampaikan beberapa poin penting, yakni mengenai vaksinasi untuk orang dewasa dan alasan orang dewasa harus di vaksinasi. “Itu dikarenakan imunitas waktu kecil tidak bisa menjamin kekebalan seumur hidup kemudian ada beberapa penyakit yang menyebabkan kematian bisa dicegah dengan vaksinasi dan pencegahan penyakit tertentu akan mencegah keluarga atau seseorang yang kita cintai terkena penyakit,” jelas Budi.

Bukan hanya itu, yang mendasari vaksinasi bagi orang dewasa juga selain perlindungan dan peningkatan imunitas tubuh, ini bertujuan untuk menjaga kulitas hidup juga membantu mengurangi resiko penularan.
Kelompok yang memerlukan vaksinasi kebanyakan yang bekerja disuatu institusi pangan dan kesehatan, tidak hanya itu para pekerja pelayanan publik, pekerjaannya terpapar debu/bahan kima dan kelompok dengan resiko tertentu memerlukan vaksinasi dewasa supaya menekan resiko penularan. Jika melihat dari pekerjaannya ada beberapa vaksin yang dianjurkan, seperti infuenza untuk pekerja kesehatan, publik, orang yang melakukan perjalanan, dan yang berurusan dengan bahan kimia.

Diakhir webinar H. Budi Hendrawan mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, “tetap selalu menjaga jarak dan mematuhi protokol supaya kita terhindar dari virus yang berbahaya,” pungkas Budi (sumber : Kominfo Banjar)

News Feed