oleh

Antisipasi Wabah Corona, Pemkab Ciamis Gelar Istighosah Akbar

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Pemerintah Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Istighosah Akba, Jum’at (13/3/2020) pagi, di Alun-alun Ciamis. Hal ini guna menyikapi banyaknya bencana di Kabupaten Ciamis, istighosah ini juga sebagai upaya dijauhkan dari wabah virus corona yang telah menyebar ke berbagai negara dan menimbulkan kecemasan bagi masyarakat.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya mengatakan, pencegahan virus corona bisa dilakukan dengan pola hidup sehat dan bersih dan harus dimulai dari pribadi, keluarga dan lingkungan.

“Dengan pola makan teratur, berolahraga, selalu mencuci tangan dan rutin wudhu merupakan salah satu cara mudah melakukan pencegahan dini virus corona,” kata Herdiat.

Herdiat Sunarya menghimbau agar masyarakat jangan panik berlebihan, apalagi sampai memborong makanan dan masker.

“Masker hampir di setiap apotek di Kabupaten Ciamis habis, sementara yang memakai masker itu untuk orang sakit dan bagi yang terinveksi virus corona juga sebagai pencegahan bagi masyarakat yang masuk wilayah endemik virus corona untuk lebih berjaga-jaga,” imbau Herdiat.

Update informasi terkait penyebaran virus corona telah mencapai 108 negara yang terpapar virus tersebut termasuk Indonesia.

“Masyarakat dihimbau agar tidak bepergian terutama ke wilayah endemik virus corona atau yang sudah diketahui wilayah penyebaran virus” terangnya.

Herdiat menambahkan, kita harus tingkatkan keimanan kepada Allah SWT karena yang memberikan penyakit Allahh dan menyembuhkan pun Allah.

“Manusia hanya bisa ikhtiar, dokter hanya wasilah, penyembuhan itu atas izin dan ridho dari Allah swt. Kita meminta dan memohon kepada sang pencipta untuk dijauhkan dari wabah virus corona dan berbagai bencana alam,” ucap Herdiat.

Sementara itu Asisten Daerah Dua Toto Marwoto menuturkan, kegiatan ini menindaklanjuti intruksi Bupati Ciamis terkait Istighosah sebagai upaya memohon keselamatan dari bencana dan wabah virus corona.

“Kegiatan dilaksanakan di tingkat kabupaten dan seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis secara serentak,” jelasnya.

“Ini Sebagi upaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan memohon keselamatan untuk masyarakat Kabupaten Ciamis,” jelas Toto.

Diakhir kegiatan, Bupati Herdiat memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu yang hadir pada kegiatan istighosah akbar.(Irwan)

Komentar

News Feed